KesehatanPemerintahanRohul

Tim Survei Kemenkes Periksa Puskesmas

ROKAN HULU, Riau Andalas. com– Tim survei penilaian dari komisi akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP ) Kementerian Sosial melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Tambusai Utara l, dalam rangka peningkatan mutu dan kinerja pihak Puskesmas, Kamis 30/11) Pukul 08.00 wib.
Kedatangan tim surveyor disambut Kepala Puskesmas Sogirin SKM, Ketua Pokja Admen Emi Agustin, Ketua Pokja UKM Usmanto, Ketua Pokja UKP dr Susi dan Kadis kesehatan Rokan Hulu dr Bambang Triono.
Ketua tim survei akreditasi dari kementerian kesehatan RI, drg Senta Buana, anggota H. Amri Madjid SKM, dr. H.Zuhri Karina MHSM,DTM,CKt.
Kadis kesehatan Rokan Hulu dr Bambang Triono dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan peraturan menteri kesehatan No 75 Tahun 2014, setiap Puskesmas wajib untuk di akreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali. Akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama, yang bekerja sama dengan BPJS.
Tujuan akreditasi untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem managemen, dan sistem program. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis ( 30/11 ), Jumat, Sabtu, supaya semua pihak sungguh-sungguh dalam mengikuti dan melaksanakan segala yang dibutuhkan oleh tim.
Diharapkannya, kedatangan tim survei akan semakin mendorong kita semua dalam upaya membangun dan komitmen pihak puskesmas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena kesehatan merupakan yang utama dalam upaya membangun semangat dan komitmen.
Penilaian sebagai bentuk pengakuan dari masyarakat dalam bentuk pelayanan dan mutu pelayanan. Sebab kalau kepercayaan masyarakat meningkat pasti partisipasi terhadap bidang kesehatan juga akan meningkat”, ujarnya.
Kepala Puskesmas Tambusai Utara l Sogirin SKM menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pegawai staf atas terjalinnya suatu kerja sama yang baik, terlebih kepada tim surveyor semoga dapat memberikan nilai terbaik.

Dalam pemaparannya juga dikatakan, baru kurang lebih satu tahun sebagai kepala puskesmas, Dia telah berusaha melakukan langkah-langkah perbaikan sarana dan prasarana terutama peningkatan mutu kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, edukasi dan sosialisasi tentang kebijakan akreditasi puskesmas tidak hanya penting untuk diketahui, tapi bagaimana setiap masyarakat dan setiap institusi pemerintah yang ada di kecamatan Tambusai Utara bisa di ajak kerja sama yang baik.
DitegaskanNya, bahwa masyarakat sebagai penerima dampak pelayanan kesehatan perlu mengetahui dan memahami tentang hal akreditasi puskesmas. Sehingga mampu menciptakan mekanisme kontrol sosial untuk meningkatkan kualitas kesehatan secara berkesinambungan.
Terakhir ini kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas Tambusai Utara l sudah mulai membaik. Tentu ini berkat kerja sama kita semua untuk saling bahu membahu dalam peningkatan kinerja dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Inti dari akreditasi adalah peningkatan mutu dan pelayanan  yang maksimal”, tegasnya. ( J. Sinaga )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *