PendidikanRohul

Pelajar SMA Negri 1 Tambusai dan TNI Akan Menggelar Drama Kolosal sambut Hari Juang Kartika

ROKAN HULU, Riau Andalas. com– Diperkirakan 270 pelajar, 30 tenaga pendidik dari SMA Negeri 1 Tambusai dan 30 personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari jajaran Koramil Kodim 0313/KPR di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), saat ini persiapkan penampilan khusus peringatan Hari Juang Kartika yang akan digelar 15 Desember 2017 di Stadion Rumbai, Pekanbaru Provinsi Riau.

Itu persiapan pertunjukan drama kolosal, yang menceritakan tentang perjuangan Tuanku Tambusai, Sabtu (09/12/2017). Dimana, latihan dilaksanakan di lapangan Sultan Zainal Abidin Kelurahan Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul.

Drama kolosal; , menceritakan tentang kehidupan rakyat yang tengah menikmati masa-masa kemerdekaan. Namun semua berubah ketika pasukan Belanda mengusik ketenteraman rakyat Tambusai.

Dari pagelaran tentang perjuangan Tuanku Tambusai dalam drama tersebut, diperankan Adtriansyah (18) seorang siswa SMAN 1 Tambusai, anak pertama dari Mayulis (40) dari Desa Tambusai Barat, Kecamatan Tambusai.

Nantinya dalam drama, bagaimana bunyi tembakan senjata dan dentuman bom pun terdengar nyaring di lapangan itu. Tentara Belanda mengelilingi rakyat yang tak berdaya. Dikisahkan, banyak tentara dan rakyat yang gugur.

Perjuangannya dimulai di Rohul dan sekitarnya dengan pusat di Benteng Dalu-dalu, lalu dirinya melanjutkan perlawanan ke wilayah Natal tahun 1823. Tahun 1824 dirinya lalu memimpin pasukan gabungan Dalu-dalu, Lubuksikaping, Padanglawas, Angkola, Mandailing, dan Natal dalam melawan Belanda.

“Tidak akan menyerah dan bekerjasama dengan para Belanda. Sedangkan masyarakat disini hanya menjadi alat penambah harta kekuasan belanda,” kata Tuanku Tambusai yang diperankan Adtriansyah.

Lalu saat itu, Tuanku Tambusai memimpin pasukan secara bergerilya, dimana dari kejaran tentara Belanda yang menginginkannya hidup atau mati.

Dalam penampilan drama kolosal ini bertujuan menunjukkan SMAN 1 Tambusai dan TNI juga menjadi bagian pelestarian seni Tanah Air.

Hadir dikegiatan itu,

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0313/Kpr Mayor Inf Harmen Amzamal, para Danramil, Kepala Sekolah SMA N 1 Tambusai Dra Hj. Umi Salmah, Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery. Samosir dan tenaga pengajar memantau pelaksanaan latihan kegiatan Drama Kolosal Tuanku Tambusai.**(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *