KesehatanLingkunganRohul

Akibat Hujan Deras Puluhan Rumah Warga Di Suro Tinggi Rambah Hilir, Terendam Banjir

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Puluhan Rumah Warga dan Sebuah Mesjid yang berada Rt 02 Rw 01 dan Rt 04 Rw 02 Dusun Surau Tinggi utara desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu kembali dilanda banjir menyusul hujan deras yang terjadi sejak Rabu (20/12/17) sore  hingga malam.

Menurut  Warga setempat Rizal Rohul saat di konfirmasi wartawan Rabu malam mengatakan Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian ini, namun musibah banjir yang terjadi akibat meluapnya sungai onow itu membuat warga sempat panik dan menyebabkan puluhan rumah warga terendam.

Di kawasan desa itu, lebih dari 20 rumah warga terendam banjir. Kondisi itu memaksa beberapa warga terpaksa menyelamatkan diri dari rumah-rumah mereka ke tempat yang dianggap aman.Setelah banjir surut, warga di kawasan itu kembali membersihkan rumah mereka dari sampah dan juga lumpur.

Tak hanya merendam permukiman warga, banjir juga sempat menggenangi sebuah mesjid di dusun Surau Tinggi Utara  seperti di RT 02 Rw 01 dan Rt 04 Rw 02 serta sejumlah kawasan lainnya.

Di kawasan jalan lintas Simpang Kumu menuju kota tengah misalnya banjir yang terjadi malam tadi sempat menyebabkan kendaraan yang melintas agak kesulitan dan harus ekstra hati hati untuk melewati  kawasan itu,

Saat banjir melanda dusun tersebut Camat Rambah Hilir‎ Agus dan kepala desa Rambah Herman AD turun langsung kelokasi untuk memantau warganya yang ditimpa musibah

Kepala BPBD Rokan Hulu, Aceng Herdiana, saat di konfirmasi Via selulernya mengungkapkan, banjir yang terjadi di dusun Suro Tinggi utara akibat curah Hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah titik dari jam 05 00 wib sore tadi, namun sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, saya juga belum terima laporan resmi soal adanya kerusakan tapi ada banyak rumah yang terendam,” katanya.

Dia mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai  agar tetap waspada mengingat hujan masih berpotensi mengguyur di wilayah Rohul dalam beberapa hari ke depan.

“Kepada masyarakat khususnya di Rokan Hulu kami mengimbau agar tetap waspada dan selalu berhati-hati dengan potensi bencana. Kami meminta agar kalau kondisi semakin buruk bisa langsung melakukan evakuasi mandiri,” ungkapnya

**(Alfian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *