advertorialPemerintahanRohul

Jelang Natal dan Tahun Baru,Plt Bupati Rohul Sukiman Tinjau Pasar 

ROKAN HULU, Riau Andalas.com– Menjelang pelaksanaan Natal serta pergantian tahun 2017 ke 2018, Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul) bersama Asisten II, Staf Ahli Bupati dan Forkompinda Rohul, Rabu (20/12/2017) pagi, pantau harga sembako di tiga pasar yang ada di Rohul.

Wabup H Sukiman bersama Asisten II, M.Ruslan, staf Ahli Bupati, Abdul Haris Lubis.S.Sos,M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Sri Hardono serta Kepala dinas, badan , kantor termasuk , Kasat Reskim Polres Rohul, Kasat Intelkam Polres Rohul dan personilnya, lakukan pantauan pertama ke pedagang di Pasar Modern Kampung Padang, Pasir Pangaraian.

Secara langsung, Plt Bupati yang juga diampingi Dirut Prusda Rokan Hulu Jaya, Jenewar Efendi, menanyakan ke pedagang mulai harga cabe merah, cabe rawit, tomat, bawang merah, dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) lainnya. Termasuk, memantau harga kebutuhan lainnya baik telur ayam ras, beras, hingga ikan sungai maupun laut yang dijual para pedagang.

“Setelah kita pantau, harga sembako di pasaran yang dijual pedagang masih stabil. Cuma beberapa kebutuhan saja yang naik, seperti tomat, telur ayam ras dan daging. Itu juga kenaikannya masih dalam batas wajar dan tidak signifikan. Artinya, kenaikan harga sembako tidak berpengaruh menjelang Natal dan Tahun baru,” ucap H Sukiman kepada wartawan, disela-sela pantau harga sembako.

Berdasarkan pemantauan, harga sembako seperti Cabe merah kini berkisar Rp40 ribu per kg, cabe rawit Rp45 per kg. Bawang merah dan bawang putih Rp20 ribu per kg, daging sapi ada kenaikan sedikit kini Rp110 per kg, telur ayam ras Rp44 ribu per papan, telur itik Rp75 ribu per papan, telur puyuh Rp30 ribu per papan.

“Seperti telur ayam kenaikannya Rp2000 sampai Rp4000 ribu per papannya. Beras merk Legowo Rp15,500 per cupak,” terang Wabup.

Usai melakukan pemantauan harga sembako di Pasar Modern, Wabup H Sukiman dan rombongan, lanjutkan pemantauan Pasar di SKPA Desa Rambah Utama kecamatan Rambah samo. Di pasar yang dibuka setiap hari Rabu, Wabup juga mengakui tidak adanya kenaikan harga sembako sama halnya di pasar Modern.

Ditanya apakah adanya penimbunan pasokan sembako saat pantauan Wabup menyatakan, bahwa sejauh ini pihaknya bersama pihak kepolisian dari Polres Rohul tidak menemukan adanya penimbunan sembako. Termasuk, pasokan sembako di Rohul yang sebagian besar dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara, hingga kini masih lancar dan aman.

Pantauan dilanjutkan Wabup H Sukiman dan rombongan, ke Pasar Dalu-dalu Kecamatan Tambusai. Juga hal sama, dimana harga sembako juga masih mengalami stabil menjelang pelaksanaan Natal dan tahun baru.

“Jelasnya kita sudah lakukan pemantauan secara langsung di 3 pasar, dan harga sembako masih aman dan lancar. Ada kenaikan, itu hanya di beberapa kebutuhan saja itupun tidak signifikan. Dalam beberapa hari kedepan, kita juga akan pantau kembali kebutuhan pokok terutama menjelang hari besar keagamaan Natal. Ini agar harga sembako tetap setabil,“ ungkap Wabup.

Sementara itu, saat ditanya ke Kasat Reskim Polres Rohul AKP Harry Avianto didampingi AKP.Aditya Reza Syahputra SE, M.Ak terkait apakah pihaknya ada menemukan, spekulan yang melakukan penimbunan sembako jelang hari besar keagamaan dan tahun baru, dirinya mengaku belum ada.

Namun, bila nantinya ditemukan pihaknya akan melakukan upaya proses hukum terhadap spekulan nakal. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan, agar harga sembako do Rohul tetap stabil dan lancar tanpa adanya kendala.

“Bila ada temuan maka kita akan tindak, dan proses sesuai hukum yang berlaku,” janji Kasat Reskim disela-sela pantau Sembako bersama Wabup H Sukiman dan rombongan lainnya. **( Adv/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *