Hukum&KriminalRohul

Digelarnya Operasi Zebra Siak 2017 di Rohul  Ini komentar Sejumlah Kalangan

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Ada yang menarik dalam operasi Zebra Siak tahun 2017 di kabupaten Rokan Hulu (Rohul), selain melakukan penindakan berupa tilang, petugas dari Satlantas Polres Rohul juga memberikan baju kaos gratis kepada pengendara yang telah mematuhi aturan lalu lintas.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat yang telah mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraanya dari jajaran polisi lalu lintas polres Rohul memberikan baju kaos gratis yang bertuliskan “Masyarakat patuh lalu lintas”.

Syarat untuk mendapatkan baju ini sangat gampang, dimana masyarakat yang kebetulan melintas pada saat operasi zebra, kemudian setelah diperiksa dinyatakan lengkap, maka pengendara tersebut langsung diberikan hadiah berupa baju kaos tertib berlalu lintas.

Menurut Charly, warga Rambah Tengah Barat Kaiti yang kebetulan melintas saat operasi zebra, kemudian dinyatakan lengkap oleh petugas, ia pun mendapatkan baju gratis dari petugas.

“Aksi bagi-bagi baju ini sangat positif bang, sebab bisa menghilangkan image bahwa selama ini polisi hanya memberikan tilang saja, ternyata bagi yang patuh juga diberikan hadiah,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Adi, warga Pasir Pengaraian yang juga mendapatkan baju gratis dari Satlantas Polres Rohul. Ia mengajak masyarakat juga untuk membudayakan tertib berlalu lintas.

“Sebenarnya tujuan polisi itu baik menyuruh kita melengkapi perlengkapan kendaraan, untuk keselamatan kita juga, jadi marilah kita bersama-sama patuhi peraturan yang ada,” ajaknya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Rohul, AKP Risnan Aldino SIK didampingi Kanit Laka IPDA Effendi Lufino dan Kanit Patroli IPTU Abuzar mengaku selama operasi zebra siak 2017, pihaknya menyediakan 62 baju kaos gratis yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat yang tertib berlalu lintas di titik-titik operasi razia.

“Pembagian ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada warga yang patuh lalu lintas, kita berharap mereka nanti bisa menjadi contoh dan pelopor tertib berlalu lintas di kabupaten Rokan Hulu,” ungkapnya, Ahad (5/11/2017) di Pasir Pengaraian.

Melalui kegiatan ini, lanjut Aldino Satlantas polres Rohul berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, sebab saat ini tingkat kecelakaan lalu lintas di Rohul cukup tinggi.

“Semua kecelakaan itu berawal dari tidak patuhnya pengendara untuk melengkapi kelengkapan kendaraannya, seperti tidak memakai helm, spion, lampu utama, lampu sein dan kelengkapan kendaraan yang tidak memenuhi standar,” terangnya.

Dari data Satlantas Polres Rohul, memasuki hari ke-5 pelaksanaan operasi zebra siak tahun 2017 di wilayah hukum Polres Rohul sedikitnya sudah mengeluarkan 233 surat tilang, kepada pengendara yang tidak melengkapi kelengkapan kendaraannya.***( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *