PemerintahanRohul

APDESI Bersama DPMPD Akan Melaksanakan Bimtek Bagi Kades se-Rohul

 

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI), nantinya gandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), untuk melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi seluruh kepala desa (Kades) di Rohul.

 

Bimtek bagi seluruh Kades di Rohul dikatakan Ketua DPD APDESI Rohul, Yarmanis, Minggu (26/2/2017), perlu dilaksanakan agar tidak ada lagi kedepannya Kades yang tersandung permasalahan hukum karena penyalahgunaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017.

 

“Tahun 2016, masih ada kades yang tersandung masalah hukum karena penyalahgunaan DD dan ADD. Kita harapkan, dengan Bimtek yang akan kita gelar setelah penyampaian APBdes, maka kedepannya tidak adalagi Kades yang terjerat masalah hukum. Apalagi, tahun ini baik ADD mapun DD yang dikucurkan melalui APBD Rohul, Provinsi Riau maupun APBN cukup besar dengan Bimtek maka diharapkan penyalagunaan keuangan desa tidak terjadi lagi,” ungkap Yarmanis, yang juga menjabat Kepala Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo.

 

Program Bimtek jelas Yarmanis, sudah diprogramkan APDESI Rohul. Kemudian, APDESI akan kerjasama dengan keuangan Dinas PMPD Rohul, sehingga melalui Bimtek nantinya bagaimana melakukan pengelolaan keuangan desa yang benar.

 

“Berharap, kedepannya Kades tidak lagi salah prosedur dalam penggunaan DD maupun ADD. Sehingga, Kades tidak terjerat permasalahan hukum yang mengakibatkan dirinya harus berhadapan dengan hukum. Juga, kita akan sosoalisasikan DD dan ADD, melalui Perda, Perbub termasukn Permendagri agar desa tidak salah prosedur penggunaannnya,” harapnya. **( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *