Pemerintahan

Dandim 0809 Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke 60 LVRI Kediri

KEDIRI, Riau Andalas. com – Tepat tanggal 2 Januari ini, Legiun Veteran RepublikIndonesia (LVRI) memperingati HUT ke-60 (2 Januari 1957 – 2 Januari2017),  berlatarbelakang Keputusan Presiden RI Soekarno Nomor 103 Tahun1957 tentang berdirinya salah satu organisasi yang berbasis veteran militeryang eksis di Indonesia. Hadir dalam acara tersebut, Walikota Kediri, AbdullahAbubakar selaku inspektur upacara pada peringatan HUT LVRI Kediri, DandimKediri, Letkol Inf Purnomosidi, Kakaminvet Kediri,  Mayor Caj ArwanNurwondo, Kapolsek Mojoroto, Kompol Didit Prihantono ,Danramil Mojoroto, KaptenInf Arifin Effendi dan Ketua LVRI Kediri, Letkol (purn) M.Rusmin, Senin(02/01/2017)

“Saya sangat berterima kasih atas jasa besar bapak-bapak LVRI yangdulunya berusaha mati-matian memperjuangkan kemerdekaan negara ini dari erakolonial hingga sampai pada mempertahankan kedaulatan secara sah berdasarkanpengakuan dunia internasional. Mungkin disadari atau tidak disadari, banyakgenerasi muda saat ini yang sudah melupakan bagaimana peran LVRI diwaktu masihaktif sebagai bagian dari anggota militer, tetapi Pemerintah Pusat dan Daerah tidakakan mungkin melupakan peran dan jasa besar para anggota militer zaman duluyang saat ini masuk dalam keanggotaan LVRI, karena tanpa bapak-bapak (LVRI),sulit kiranya bangsa ini masih bisa eksis sebagai negara yang berdaulat. Namunsatu hal lagi yang tidak boleh diabaikan, semua hasil yang dicapai bangsa iniuntuk meraih kemerdekaan dan mendapat kedaulatannya, adalah adanya campurtangan dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Abdullah Abubakar.

Pada acara tersebut, Letkol (purn) M.Rusmin juga berpesan kepadaseluruh anggota LVRI Kediri, agar tetap berwatak Pancasila dan berperilaku UUD1945 dan berpakaian merah putih, apalagi saat ini banyak sekali oknum-oknumtertentu yang berusaha merongrong NKRI dan ingin merubah tatanan kehidupanbangsa ini, baik dengan balutan kemunafikan atau kepalsuan hingga menyebarkanfitnah atau provokasi. Selain itu, seluruh anggota LVRI harus berpikir cerdasdalam menyikapi berita-berita yang saat ini beredar, karena sebagianberita-berita tersebut justru membawa informasi yang provokatif ,mengadu dombaatau menyesatkan. Sebagai anggota LVRI harus menjadi contoh kepada generasimuda saat ini, agar bisa berpandangan luas ,mana berita yang benar dan manaberita yang salah atau diplintir.

“LVRI harus menjadi filter bagi generasi saat ini, agaroknum-oknum yang berusaha merusak Bhinneka Tunggal Ika di negeri ini tidak bisaberkutik menghadapi kecerdasan dalam berpandangan luas bagi seluruh warganegara Indonesia pada umumnya dan Kediri pada khususnya. Konsistrensi NKRIsebagai dasar utama berbangsa dan bernegara ,dalam konteks Pancasila dan UUD1945, tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun, apabila ada yang berusahamerusaknya, kita harus melawannya,” pesan Mayor Caj Arwan Nurwondo jelangpotong tumpeng berlangsung.

Menurut Letkol Inf Purnomosidi, keberagaman di Indonesia padaumumnya dan Kediri pada khususnya sudah sangat melekat dikehidupan sosialmasyarakat sehari-harinya, dan sangat tidak relevan bila ada oknum-oknumtertentu yang ingin merusaknya, padahal jasa mereka dalam merebut kemerdekaandan mempertahankan kedaulatan negeri ini, sama sekali tidak ada. LVRI merupakanbagian yang tidak mungkin terpisahkan dari deretan peristiwa dan kejadianmonumental yang membawa catatan sejarah perjalanan bangsa ini, sangat wajarbila LVRI juga harus diperhatikan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan Kediripada khususnya. (Penrem 082/CPYJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *