PemerintahanRiau

Pengalaman 2016, Gubri Optimis Menyambut 2017 Lebih Maju

Gubri dan Bupati Rohil Hadiri Peresmian Jembatan Pedamaran di kab Rohil

Perekonomian Infrastruktur meningkat Riau Daerah Pariwisata

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Mengambil pengalaman tahun 2016 yang menunjukan peningkatan. Baik dari infrastruktur, perekenomian dan pengembangan pariwisata. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman Optimis tahun 2017 Riau berkembang lebih maju.

Menurutnya, untuk pertumbuhan perekonomian Riau mulai bergerak kembali setelah Dana Bagi Hasil minyak dan gas Riau diprediksi akan mengalami kenaikan pada 2017 mendatang. Hal itu berdasarkan nota keuangan RAPBN yang disampaikan Presiden Joko Widodo ada sidang MPR RI beberapa waktu lalu di jakarta.

Dijelaskanya, harga minyak mentah ditetapkan oleh pemerintah dan DPR RI sebesar 40 Dolar Amerika per barel dan 2017 naik menjadi 45 dolar AS per barel. Artinya ada pengembalian lagi 5 dolar AS per barel akan berpengaruh terhadap penerimaan bagi hasil Riau.

Untuk pembangunan infrastruktur, selama 2016 Pemprov Riau terus menggesah diseluruh kabupaten kota, baik infrastrukutur jalan, jembatan gedung dan lainya sesuai kebutuhan masyarakat. Meskipun belum maksimal tapi sudah banyak peningkatan yang akan di gesah lagi 2017 mendatang sesuai kebuituhan dan harapan masyarakat.

Sedangkan untuk lapangan kerja kata Ketua DPD I Golkar Riau ini, saat ini Riau terus menggesah daera pariwisata yang dimiliki setiap kabupaten kota. Dimana dengan mendukung kekayaan pariwisata yang dimiliki kabupaten kota akan memberikan lapangan kerja dan penghasilan positif untuk masyarakat.

Meski perkembangan minyak dan Gas mulai bergerak bagus kembali, kedepan Riau tidak lagi hanya bergantung pada minyak maupun Gas. Tapi juga pariwisata yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat maupun daerah.

“Memang untuk prioritas masih tinggi pada infrastruktur, meski belum maksimal akan digesah di tahun 2017. Dimana Pemprov Riau sudah memasukan dalam KUA PPAS 2017,” kata Gubri infrastruktur dimaksud tidak hanya jalan tapi juga indeks pemerataan masyarakat, termasuk infra struktur pertanian, pariwisata, pendidikan dan kesehatan, intasi pemerintahan dan lainya yang terus meningkatkan pertumbuhan.

Sementara menurut kepala Bapedda Riau melalui Bidang Ekonomi dan Sumenerdaya Alam Hardison, arah kebijakan pembangunan Riau tahun 2017 adalah pemantaban infrastruktur dan aparatur pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat serta melanjutkan kebijakan tahun sebelumnya.

Dari arah kebijakan pembangunan Riau tersebut diakui prioritas pembangunan meliputi pembangunan dan pemantaban infrastruktur, pemantaban kualitas aparatur dan birokrasi pemerintah, peningkatan ekonomi berdaya saing serta kesejahteraan rakyat, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan olahraga, seni dan kemasyarakatan. yaitu peningkatan ekonomi memfokuskan pada peningkatan nilai investasi swasta.

Wisata Bakar Tongkang Di Rohil -Riau

“Target Riau untuk investasi tahun 2017 sebesar Rp 11,67 trilyun. programnya peningkatan dan pengembangan ekspor, program peningkatan kerjasama perdagangan internasional dan program peningkatan kemampuan tehnologi,” kata Hardison.

Disisi lain, Kepala Perwakilan bank Indonesia (BI) Riau Ismed Inono sebelumnya memperkirakan 2017 mendatang pertumbuhan perekonomian Riau Riau akan meningkat mulai 2,5 persen – 5,2 persen yang akan jauh meningkat dibanding tahun 2016 saat ini. Hal itu terlihat dari pertumbuhan global yang berpotensi pada harapan perekonomia daerah kedepan.

Sedangkan untuk pertumbuhan tersebut, tinggal pemantapan dan perbaikan pada produk ekspor dan inpor. Terutama dalam mendorong permintaan produk ekspor non migas, meskipun masih diluar kestabilan. “Intinya masih menjadi harapan Riau untuk mewujudkan kemakmuaran,sejahtera masyarakat dan perekonomian,” katanya.

Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati Rusli mengharapkan, komitmen tersebut juga harus didukung secara bersama-sama. Baik ditingkat masyarakat maupun lembaga DPRD Riau sendiri yang intinya saling bersinergi dimi kemajuan masyarakat dan daerah Riau kedepan.

Sedangkan untuk perekonomian, ia juga optimis akan mengalami peningkatan dengan baik. Hal itu juga melihat dari perkembangan Riau saat ini yang mengalami pertumbuhan.

“Kita yakin Pemprov Riau mampu, sebagai lembaga DPRD kita akan mendukung program Pemerintah. Karena semua itu masyarakat dan daerah,” tuturnya. (Dre

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *