Hukum&KriminalPolitikRohul

DPC LPP Tipikor RI Ingatkan Jangan Pilih Calon Kades yang Lakukan Politik Uang

img_20161130_104444ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Pemburu Pelaku Tindak Pidana Korupsi Kabupaten Rokan Hulu ( DPC LPP Tipikor RI Rohul) Mintareja, S.Fil berpesan agar rakyat tidak memilih pemimpin karena faktor uang semata.

Dikhawatirkan jika pemilihan semacam itu yang dilakukan akan menuai kekecewaan dikemudian hari.

Kalau memilih pemimpin hanya karena duit Rp 50.000, hingga Rp 100.000 nanti kalau pemimpin itu menang dia akan bekerja sesuka hatinya dalam melayani masyarakat, jangan protes menyalahkan dia. Karena Anda sudah dibeli dengan uang tersebut,” katanya ketika ditemui dikediamannya Jalan gaharu desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia jika pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini diduga banyak Calon Kades yang melakukan‎ money politics, hendaknya harus diwaspadai. Sebab mereka dinilai hanya akan megelabui warga, karena kepala desa (kades) itu nantinya hanya akan memangku jabatan selama kurang lebih enam tahun. Sementara itu, dana yang dikeluarkan pada pilkades, sering kali mencapai ratusan juta rupiah.

“Saya sering heran kalau ada Kades yang memenangkan pemilihan mengeluarkan dana sampai Rp 600 juta. Kalau cara dia bekerja lurus-lurus saja, dari mana mereka bisa mengembalikan dana yang digunakan Pilkades tersebut?”

Pada bagian lain, Mintareja berharap warga memahami esensi Pilkades. Karena itu jika di antara warga se-desa beda pilihan hendaknya mereka tetap harus saling menghormati. Mintareja menghimbau mereka yang berhasil memenangkan pertarungan pada pilkades, tidak merasa bangga dan tetap menghormati jago yang kalah. Sementara  yang kalah hendaknya legowo ‎dan harus gentlemen mengakui kesalahannya,” pungkasnya. ** Alfian **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *