PemerintahanPolitikRiau

Menimbang Kondisi Riau, DPRD Berharap Wagubri Putra Daerah

images-12

* Pemilihan Wagubri pertengahan November 2016

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Hingga kini proses pemilihan Wagubri belum dilaksankanan. Pasalnya Gubernur Riau maupun pihak partai Golkar belum juga mengajukan nama calon. Pada hal untuk pemilihan wagubri tersebut tim Pansus DPRD Riau sudah menuntaskan Tatib pemilihan beberap waktu lalu.

Meski dalam tatib pemilihan Wagubri kedepan mencalonkan siapa saja, anggota DPRD Riau tetap berharap calon Wagubri yang diajukan berasal dari putra daerah Riau. Karena pemimpin yang dibutuhkan Riau saat ini merupakan pemimpin yang benar-benar mampu menuntaskan permasalahan di Riau dan memahami daerah Riau. Diantaranya permasalahan kebakaran lahan yang sudah puluhan tahun mengancam Riau.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, secara pribadi ia mengharapkan Wagubri yang diajukan nanti merupakan Putra daerah Riau yang akan amampu menuntaskan permasalahan Riau. Karena untuk penuntasan permasalahan itu banyak putra Riau yang memiliki kemampuan.

“Masih banyak putra daerah Riau yang pintar-pintar, maka itu kita berharap tetap mengedepankan Putra daerah,” kata Noviwaldy Jusman Ahad (16/10).

Ia menegaskan, salah satu tugas wajib Wagubri kedepan adalah terkait permasalahan kebakaran lahan dan hutan di Riau. Karena permasalahan ini tidak bisa hanya di programkan hanya Gubernur sendiri yang harus ada orang memiliki kemampuan dan memahami permasalahan. Sementara yang tau permsalahan itu sudah pasti orang di daerah. Maka itu kita berharap diutamakan putra daerah.

“Memang untuk penentuan ini kita tidak memiliki hak kewenangan, tapi secara pribadi maupun masyarakat Riau kita berharap calon dari daerah,” harapnya.

Disinggung jadwal pemilihan, politisi partai Demokrat ini menyampaikan, dalam minggu ini akan membahas dengan pihak BaMus DPRD Riau. Jika sudah dapat keputusan lansung bentuk tim pemilihan. Sedangkan penjadwalan pelaksanaan pemilihan ia menyampaikan 30 hari setelah pembahasan BaMus sesuai aturan yang berlaku. Sehingga diperkirakan pemilihan akan dilaksanakan pertengan November 2016 memndatang.

“Kalau minggu ini siap pembahasanya, kira-kira bulan November lah pemilihan,” jelasnya.

Disisi lain Ketua Panitia Pelaksana (Pansel) Pemilihan Wagubri Sunaryo, mengakui pembentukan tim pemilihan Wagubri sedikit tertunda, karena sebelumnya DPRD Riau dalam menuntaskan pembahasan anggaran perubahan.

Kendati demikian, sesuai tindak lanjut pelaksanaan sudah dilaksanakan sesuai kebutuhan. Diantaranya pembuatan Tatib untuk pemilihan yang sebelumnya telah disiapkan tim Pansus pemilihan Wagubri DPRD Riau. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita tuntaskan pembahasanya, agar pemilihan Wagubri segera dilaksanakan,” tuturnya. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *