Bisnis&EkonomiRiauTravel

Gubri Siap Tingkatkan Promosi Wisata Secara Merata

Wisata Bakar Tongkang Di Rohil -Riau
Wisata Bakar Tongkang Di Rohil -Riau

*Terutama Ekowisata Riau

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Meskipun beberapa pariwisata di Riau sudah menujukan banyak peningkatan, namun masih dinilai cukup kurang dalam dunia pariwisata. Terutama dalam pengembangan destinasi wisata baru yang harus dipromosikan.

Hal tersebut disampaikan salah seorang wisatawan asal Malaysia Muhamad Wahyu. Menurutnya untuk pariwisata, Riau sudah termasuk bagus dan memiliki destinasi wisata yang tidak dimiliki daerah lain yang ada di Indonesia bahkan didunia. Seperti bakar tokang di kabupaten Rohil yang sudah berabad-abad diselenggarakan masyarakat Rohil secara turun menurun setiap tahun. Dimana kegiatan bakar tongkang itu sudah terkenal di manca negara yang sudah menjadi favorit bagi wisatawan. Termasuk ia sendiri sebagai wisatawan yang sudah beberapa kali mengikuti acara bakar tongkang di kabupaten Rohil Riau.

Namun katanya, ia menilai Riau masih terlena dengan pariwisata yang ada, pada hal masih banyak kekayaan alam yang dimiliki Riau yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Seperti air terjun di daerah yang lokasinya sedikit menantang untuk wisatawan. Karena saat ini wisatawan tidak lagi tergiur dengan wisatawan yang sudah berkembang, tapi lebih pada alam yang sedikit menantang. Sementara semua itu ada di Riau yang tinggal pengembangan.

“Selaku wisatawan yang sering berkunjung ke Riau, lokasi-lokasi ini tinggal dopromosikan oleh Riau. Sehingga bisa di ketahui wisatawan lain,” Wahyu.

Menaggapi hal tersebut, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan, Riau akan terus membenahi promosi untuk pariwisata di Riau. Terutama lokasi wisata baru seperti ekowisata yang saat ini ditunggu wisatawan.

Sedangkan untuk tingkat promosinya, ia akan menyelenggarakan secara merata, baik di tingkat wisata yang ada sampai lokasi wisata baru yang masih alami.

“Kita akui, lokasi wisata yang ada tantangan itu jadi pilihan bagi wisatawan saat ini, maka itu kita akan terus tingkat promosi untuk tingkat ekowisata ini,”

“Kita akan kondusifkan promosi lokasi baru ini, kita akan minta Dinas Pariwisata untuk terus gesah programnya. Terutama pada lokasi-lokasi baru yang sebeluimnya sudah di surve Dinas Pariwisata,” kata Andi Rachman sapaan akrabnya.

Semetara Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman sebelumnya telah menyampaikan, jika untuk promosi destinasi wisata Riau pihaknya telah mulai meningkatkan promosi secara merata. Bahkan untuk promosi tersebut ia sudah menggunakan berbagai cara yang terus digesah. Diantaranya dalam sistim teknolgi yang berkembang saat ini, dimana wisatawan bisa melihat destinasi wisata melalui webside yang telah disediakan Dinas Pariwisata.

Bahkan katanya, untuk promosi ini pengembangannya sudah kemana-mana yang sudah bisa diakses kapan saja oleh wisatawan manca negara.

“Dari promosi yang kita lakukan ini, hasilnya juga bagus dan banyak peningkatan pada kunjungan ke Riau,” Tutur Fahmizal. (Dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *