PemerintahanRiau

Ciptada Riau Realisasikan Program Rehap Rumah

 

Rumah Sirega ,Desa panipahan Kab Rokan Hilir-RIAU
Rumah Siregar ,Desa panipahan Kab Rokan Hilir-RIAU

PEKANBARU, Riau Andalas.com-Dinas Ciptada Provinsi Riau realisasikan bantuan Perumahan Swadaya progam kementrian PU untuk Msyarakat Riau. Diantaranya kota Pekanbaru yang sudah direalisasikan pada masyarakat, seperti di Kecamatan Tenayan Raya yang sudah direalisasikan sekitar 42 rumah.

Adapun program bantuan perumahan swdaya tersebut adalah perehapan rumah yang sebelumnya merupakan harapan masyarakat yang dipenuhi pihak dinas ciptada Riau.

Menurut pengawas program perumahan swadaya Cahyo Widyanto, perealisasian rehap rumah tersebut sebelumnya sudah dilakukan pendataan pada masyarakat penerima. Sehingga perealisasian saat sesuai dengan jumlah yang sebelumnya sudah didata dengan pihak kecamatan Tenayan Raya.

“Masyarakat yang diberikan bantuan itu masyarakat tidak mampu yang sebelumnya sudah didata,” kata Cahyo.

Sementara Kepala Dinas Ciptada Riau Dwi Ags Sumarno, menyatakan, program tersebut juga merupakan program Ciptada Riau yang sebelumnya permintaan dan harapan dari masyarakat se Provinsi Riau.

Pelaksanaan renovasi yang diberikan untuk masyarakat itu ada tiga kategori. Yaitu rusak berat, sedang dan rusak ringan. Dimana masing-masing kategori itu anggaranya juga berbeda. Seperti rusak berat Rp15 juta perumah, rusak sedang Rp10 juta dan rusak ringan Rp7,5 juta. Sedangkan untuk penentuan kategori itu sebelumnya ada penilian dari tim penilai Dinas Ciptada Riau yang mensurvei lansung rumah masyarakat.

“Untuk pembangunanya dilaksanakan oleh masyarakat sendiri melalui OMS. Sementara Dinas Ciptada Riau hanya memberikan bantuan dan melakukan pengawasan pembangunan,” kata Dwi Agus Sumarno.

Lebih jauh ia menjelaskan perealisasian renovasi rumah. Meskipun sebelumnya sempat terkendala kewenangan, namu setelah dipelajari lagi dan dikoordinasikan dengan pihak pusat bantuan untuk masyarakat ini boileh dilaksanakan.

“Kita bersyukur bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena bantuan ini memang sangat diharapkan masyarakat,” tuturnya. (Dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *