‎Raih SHU Tertinggi se-Rohul, Bupati Sukiman Beri Apresiasi BUMDesa Desa Kota Raya

example banner

KUNTO DARUSSALAM- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, beri apresiasi dan penghargaan ke warga, serta seluruh Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Sumber Rezeki Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam.
Apresiasi Bupati, karena warga Desa Koto Raya dan seluruh pengelola Bumdes Sumber Rezeki, sudah bersama-sama ikut membangun desa, karena Laba Usaha Bumdes (LUB) tertinggi se-Kabupaten Rohul.
Sebut Bupati Sukiman, dengan tingginya LUB Desa Kota Raya berarti warga dan pengelola telah ikut serta dan berpartisipasi dalam membangun dan mendongkrak perekonomian masyarakat.
Itu disampaikan Bupati Sukiman saat menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Sumber Rezeki Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Sabtu (25/1/2020) sore kemarin.
Disela sela kegiatan, Bupati Rohul juga kukuhkan pengurus Karang Taruna dan Pengurus Bumdes Sumber Rezeki Desa Kota Raya, dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos.
Juga hadir Kabid PAUD Disdikpora Rohul Supangat, Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Kepala Desa Kota Raya Agus Riyanto SP, Kepala Desa Muara Dilam Zulfikar S.Hi, Kades Pasir Luhur Soleman, dan Kades se-Kecamatan Kunto Darussalam, dan ratusan pemanfaat Bumdes Sumber Rezeki.
Mantan Dandim Indragiri Hilir Purnawirawan Kolonel Inf H Sukiman mengakui, Bumdes Sumber Rezeki Desa Kota Raya sudah masuk kategori Bumdes sehat dan maju di Kabupaten Rohul.

Teks foto Selain menghadiri (MPTB) Sumber Rezeki Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Bupati Sukiman, juga melantik pengurus Karang Taruna dan Pengurus BUMDesa Sumber Rezeki Desa Kota Raya

“Ini sudah bagus sekali ke depannya, kita harapkan lebih ditingkatkan. Semua berkat masyarakat, kepala desa dan pengurus Bumdes yang memiliki kesadaran tingggi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan hak dan kewajibannya,” kata Bupati dalam sambutannya.
Kepada warga Desa Kota Raya, Bupati juga mengakui, keberhasilan Pemkab Rokan Hulu di program pembangunan, terutama di sektor Infrastruktur jalan yang sesuai motto “Membangun Desa Menata Kota”.
Meski mengalami keterbatasan anggaran selama dua tahun di era kepemimpinanya, Pemkab Rokan Hulu telah membangun infrastruktur jalan sepanjang 160 kilometer sepanjang 2019.
“Saya tetap komit sesuai motto saya Membangun Desa Menata Kota. Sudah sepanjang 160 kilometer jalan diaspal,” ungkapnya.
Bupati Sukiman juga mengaku pembangunan dilakukannya dirinya tidak terfokus pada satu titik saja, tetapi bagaimana mewujudkan pemerataan pembangunan di 139 desa, 5 kelurahan dan 3 daerah eks transmigrasi yang tersebar 16 kecamatan.
Kemudian dalam membangun Pemkab Rokan Hulu menyesuaikan kondisi keuangan yang ada, apalagi postur APBD  Rohul hanya berkisar Rp 1,4 triliun.
“Gaji PNS dan honor saja sudah hampir Rp 800 juta per tahunnya, dan selebihnya digunakan untuk pembangunan yang sesuai dengan keinginan masyarakat,”ucapnya.
Kades Kota Raya Agus Riyanto, mengakui warga di desanya telah menikmati jalan aspal sekira 1,4 kilometer yang dibangun Pemkab Rokan Hulu di kepemimpinan Bupati Sukiman, termasuk lampu PJUTS dari kementrian. Ia berharap Pemkab tetap melaksanakan pembangunan di desanya ke depannya.
“Selain itu, Desa Kota Raya juga dapat bantuan di bidang Pendidikan untuk permainan TK/PAUD. Informasi yang saya terima mendapat bantuan alat permainan dari Kementrian yang bersumber dari APBN,” kata Agus Riyanto.
Selaku Penasehat Bumdes Sumber Rezeki Desa Kota Raya, Agus Riyanto juga membacakan laporan MPTB Sumber Rezeki tahun buku 2019.‎ Ia mengungkapkan modal awal Bumdes tahun 2010 sebesar Rp 544.284.000. Dan per 31 Desember 2019 telah berkembang menjadi‎ Rp 2.271.113.161.
Selain itu, tambah Agus, jumlah dana yang telah disalurkan dari UED SP sampai Desember 2019 telah dimanfaatkan sebanyak 2.074 pemanfaat senilai Rp 39.800.197.000, dan jumlah perguliran Januari-Desember 2019 sebanyak 153 orang senilai Rp 4.551.300.000.
Laba Usaha Bumdes/SHU dari tahun 2017 hingga 2019 terus mengalami kenaikan cukup signifikan, seperti LUB tahun 2019 jumlah SHU Rp 456.135.727.
‎”Insya Allah ke depannya, dari rapat internal pengurus, kita akan membuka Bumdes Mart modal dari dana desa dan unit simpan pinjam, peternakan sapi modal dari bantuan keuangan dari Provinsi dam Pengadaan gas elpiji,” ujarnya.
Agus mengatakan salah satu program Bumdes Desa Kota Raya yaitu dengan konsep kepercayaan dalam membina masyarakat kurang mampu. Untuk program sosial, Bumdes juga salurkan bantuan berupa sapi ternak dan kambing kepada 10 warga kurang mampu yang saat  ini telah berkembang dan berhasil, dan masih banyak program lain. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)