Wabup Sukiman Ingatkan Seluruh Pemain Agar Menjunjung Tinggi Sportifitas

 

ROKAN HULU,Riauandalas.com – Wakil Bupati Rokan Hulu (Wabup Rohul), H Sukiman, mengapresiasi Pemerintah Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara, yang secara konsisten menyelenggarakan turnamen Sepak Bola Mahato CUP III, di desanya.

Wabup H Sukiman menghimbau, agar para pemain dan wasit harus jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, sehingga kegiatan tersebebut nantinya mampu mencetak dan menjaring bibit sepak bola masa depan dan pemain berkuwalitas.

Hal ini disampaikan Wabup Rohul, H Sukiman, saat membuka Open Turnamen Sepak Bola Mahato CUP III, ditandai tendangan perdana disaksikan Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH M.Hum, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Ketua PN Pasir Pangaraian Sarudi SH, Rektor UPP DR Adolf Bastian M.Pd, Kades Mahato Firiadi, Camat Tambusai Utara Zulhendri, di Stadion Arwana, Kuala Mahato,Kabupaten Rokan hulu Riau, Rabu (24/1/2018) sore, yang disaksikan belasan ribu masyarakat.

 

Turut hadir dalam pembukaan open turnamen tersebut, Camat Tambusai Utara Zulhendri S.Sos, Kades Mahato Firiadi, Kapolsek Tambusai Utara AKP Fauzi SH MH, Danramil, Kapten yuhardi dan seluruh Tokoh Masyarakat Simpang KUD Pasir Putih Togu Lumban Gaol, Sekjen DPD KNPI Rohul Nirwanto S.Pdi, Kades Tambusai Utara Ismar Anthoni SE, Panitia Open Turnamen Sepak Bola Mahato CUP III  serta‎ ratusan masyarakat Mahato.

Ditegaskan H Sukiman yang juga mantan Dandim Inhil mengakui, dirinya sangat menaruh harapan besar dalam turnamen sepak bola Mahato CUP III,  untuk bisa melahirkan pemain yang berbakat dan potensial. Untuk itu, Sukiman meminta kepada penonton, wasit dan pemain yang bertanding untuk jujur dan junjung tinggi sportifitas.

“Saya minta ke para pemain sepak bola dan wasit yang memimpin pertandingan, agar bersikap netral dan profesional. Bila wasitnya tidak benar, ini akan menimbulkan pertikaian antar pemain, begitu juga supporter atau penonton jangan provokatif,”

“Sehingga saya mengajak seluruh peserta yang ikut bertanding dalam turnamen ini agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama pertandingan berlangsung, junjung tinggi sportifitas selama bertanding,” harap Wabup Sukiman

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH mengaku, bahwa terlaksananya Open Turnamen Sepak Bola Mahato CUP III atas partisipasi masyarakat secara swadaya. Kemudian, menjadikan kegiatan olahraga sepak bola tersebut sebagai agenda tahunan.

Di turnamen tersebut, juga sebagai ajang mengasah bakat pemuda dalam dunia sepak bola, Kelmi juga berharap melalui kegiatan itu juga dapat menghindari generasi muda dari bahaya penyalagunaan narkoba.

“Turnamen digelar berkat swadaya dan semangat gotong royong masyarakat, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang berdampak positif untuk memproteksi pemuda  dari ancaman bahaya narkoba. Saya salut dan mendukung penuh kegiatan positif ini, dan selamat bertanding dan junjung tinggi Fair Play, semangat olagraga ini kita tularkan dalam berbangsa dan bernegara,” harap Kelmi

Kemudian, Kepala Desa Mahato Firiadi mengatakan, Open Turnamen Sepak Bola Mahato CUP III diselenggarakan, sebagai kelanjutan dari turnamen sebelumnya. Suksesnya turnamen tidak terlepas dukungan dari semua pihak, sehingga turnamen sepakbola di Mahato menjadi event tahunan sebagai ajang mengadu skil dan teknhik bukan sebagai ajang adu fisik.

“Acara ini terselenggara, berkat dukungan Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH dan anggota DPRD Sari Anthoni SH, selain itu kami ucapkan terima kasih ke para donatur dan sponsorship serta dukungan masyarakat. Juga berterima kasih buat Wabup Sukiman dan rombongan, yang sudah berkenan hadir dan membuka turnamen ini,” kata Firiadi

Kemudian, menurut tokoh Masyarakat Simpang KUD Pasir Putih Mahato Togu Lumban Gaol mengatakan, selain untuk meningkatkan silaturrahim antar pemain, melalui turnamen ini juga sebagai mengasah kemampuan generasi muda dalam menguasai teknik sepak bola.

 

“Saya berharap, sejak dibukanya hingga selesainya turnamen ini dapat berjalan dengan baik, serta dapat menghasilkan pemain-pemain yang berbakat untuk bisa tampil dalam ajang kompetisi yang lebih tinggi, Selain itu untuk mengasah kemampuan para pemain, turnamen ini digelar untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar pemain,” harapnya.

Dari laporan Ketua Panitia Darmadi, Open Turnamen Mahato CUP III tahun 2018 diikuti 47 Klub, tidak hanya dari Rohul, juga diikuti klub dari Kabupaten dan Provinsi Tetangga, Seperti Pujud, Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir, Padang Lawas Sumatera Utara dan Nabil FC dari Pekanbaru. Bagi klub yang keluar sebagai juara 1 panitia menyediakan uang pembinaan Rp 25.000.000 dan Runner Up Rp 15.000.000. (Adv/Humas)