Sunaryo: Sk Sudah ada tapi pansel belum pilih Sekda Riau

Tidak ada komentar 577 views
example banner

Pekanbaru,Riauandalas.com-pernyataan plt Gubri dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau. Pelaksanaan seleksi pejabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau tinggal penyelenggaraan oleh panitia seleksi (Pansel). Pasalnya, pemprov Riau telah menetapkan pansel tersebut yang sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Panitianya beberapa waktu lalu.sunaryo3

    Menurut Kepala BKP2D Provinsi Riau Asrizal, dalam SK pansel yang telah ditetapkan tersebut ada 5 orang panitia yang tergabung sebagai asesor yang ketentuannya dari internal dan Eksternal. Yaitu, Prof Mukhtar Ahmad yang menjabat selaku Ketia Panitia Seleksi, Yulina dan Badan Kepegawaian Negara, Adrianof Caniago, Faisal, dan Yafis dari internal Pemerintah Provinsi Riau sendiri. Yang saat ini tinggal pelaksanaan oleh pansel.
Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Riau, juga bingung dan belum mengetahui apa yang menjadi alasan Pansel untuk belum penyelenggaraan. pada hal kokosongan pejabat Sekdaprov itu sudah lama yang hanya di jabat oleh Plt Sekda.
“Kita memang belum terima apa alasanya pansel belum lakukan penyeleksisan. Tapi kita berharap segera dilaksanakan, sehingga roda pemerintahan Riau bisa berjalan maksimal sesuai kewenangan,” kata Wakil ketua DPRD Riau Sunaryo akhir pekan lalu.
Selain itu harapan Sunaryo, untuk penyeleksian kedepan, Pansel bisa lebih selektif dalam penyeleksian. Agar pejabat Sekdaprov kedepan sesuai harapan pemerintah dan masyarakat. Karena, Sekda itu merupakan jabatan yang sangat berpengaruh pada pemerintahan, terutama dalam pelayanan masyarakat maupun di pemerintahan.
“Untuk kriteria yang akan jadi Sekda itu, Pansel lebih tau. Untuk itulah dibentuk pansel sesuai undang-undang nomor 05 tahun 2014, tentang pengisian jabatan tinggi, baik pratama, madya maupun utama yang harus dilakukan secara terbuka,” ujarnya.
Lebih jauh ia mengharapkan, menimbang posisi Sekdaprov Riau yang saat ini masih dipegang oleh Plt, diharapkan dalam waktu dekat ini pasel segera melaksnakan. Intinya sekdaprov riau kedepan segera dijabat Sekda defenitif. “Memang sesuai yang disampaikan Plt Gubri beberapa waktu lalu, pencarian pejabat itu tidak gampang dan sulit. Apa lagi untuk jabatan Sekda yang harus benar-benar sesuai dengan kemampuan pejabat. Tapi jika tidak segera dilakukan kapan akan didapatkan,” tuturnya. (hendri)***