Sikapi Informasi Maraknya Penculikan Anak, Di Med sos Ini Kata Kapolres Rohul

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Terkait banyaknya informasi pemberitaan juga informasi yang beredar di media sosial tentang maraknya penculikan anak belakangan ini, Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Yusup Rahmanto, meminta masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak, agar tetap dan selalu waspada.

 

“Hingga kini, di wilayah Rohul belum ada kejadian terkait penculikan anak. Walaupun begitu, kita minta masyarakat agar tetap waspada,” imbaunya, Selasa (21/3/2017), di Pasir Pangaraian.

 

Tambah Kapolres, terkait permasalahan penculikan anak, kepada orang tua juga diharapkan untuk bisa memberikan pemahaman ke anak-anak agar tidak mudah percaya ke orang yang tidak dikenal, sehingga penculikan juga bisa terhindarkan.

“Karena biasanya anak tidak kenal pasti ngak mau ikut, sehingga peran orang tua sangat penting bagi anak-anak, kemudian memberikan pemahaman bahwa kepada orang tidak dikenal jangan mau ikut,” harapnya.

Kemudian lebih lanjut dijelaskannya, selain peran orang tua Kapolres juga menghimbau ke pihak sekolah untuk melakukan pengawasan, terlebih bagi sekolah taman kanak-kanak (TK) dan Sekolah dasar. Pasalnya, anak-anak di usia ini sangat rentan menjadi korban penculikan.

“Kemudian, pihak sekolah harus bisa melakukan pengawasan. Bila memang anak dijemput oleh orang tuanya, maka pastikan kalau itu orang tuanya, namun kalau tidak maka perlu informasi yang pasti sehingga tidak salah siapa yang menjemput anak,” imbuhnya lagi.

AKBP Yusup juga menghimbau ke masyarakat, agar jangan takut karena sejauh ini belum ada kejadian penculikan anak. Walaupun begitu, dirinya tetap meminta ke masyarakat terlebih orang tua untuk tetap waspada.

“Agar menjalin terus komunikasi antara sekolah dan orang tua, karena dengan baiknya komunikasi tentu akan menjauhkan anak kita dari penculikan anak,”harapnya.

Kemudian terkait media sosial yang banyak memberikan informasi, diharapkan masyarakat jangan mudah percaya terkait sumber berita yang tidak jelas. Namun bila memang ada, sebaiknya komfirmasi kepada intansi terkait, serta Polsek-Polsek terdekat, sehingga informasi tersebut memang benar-benar terpercaya.

“Diharapkan, jangan mudah percaya ke informasi yang belum tentu kebenarannya, yang bisa menjadikan masyarakat resah. Sehingga agar tetap waspada, kemudian selalu komfirmasi pihak berwajib di wilayah sekitar,” sarannya.

AKBP Yusup Rahmanto juga ‎menjelaskan, pihaknya akan mengintruksikan seluruh Bhabinkantibmas yang ada di Rohul, untuk menjaga keamanan, termasuk penculikan anak yang saat ini sudah meresahkan masyarakat banyak.

Juga berharap, ‎dengan melibatkan bhabinkantibmas, masyarakat merasa aman, dan tidak resah. Serta yang terpenting, diharapkan masyarakat tetap waspada terutama orang tua. ( J. Sinaga)