Penetapan Ketua DPRD dan Wagubri

Tidak ada komentar 371 views
example banner
Gedung DPRD Riau Jalan jend. Sudirman Pekanbaru-Riau

Gedung DPRD Riau Jalan jend. Sudirman Pekanbaru-Riau

*DPRD Riau Sibuk Persiapan, Pemprov Riau belum ada Keputusan

PEKANBARU, Riau andalas.com– Hingga kini DPRD Riau terus bahas persiapan pelantikan Ketua DPRD Riau maupun Wakil Gubernur Riau (Wagubri). Bahkan untuk persiapan tersebut tim pansus yang sudah dibentuk DPRD Riau sudah kemana-mana untuk mencari perbandingan, agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaan. Diantaranya, untuk pemilihan Wagubri tim Pansus DPRD Riau sampai mencari data perbandingan ke Provinsi Kepri dan Cirebon selaku privinsi yang sudah melakukan pemilihan.

Namun upaya persiapan yang dilakukan DPRD Riau tersebut, seakan-akan tidak dipedulikan oleh Pemprov Riau. Buktinya sampai saat ini belum ada calon yang diajukan untuk menjadi Wagubri termasuk SK penetepan Ketua DPRD Riau yang jauh hari sebelumnya telah di umumkan DPRD Riau.

Menurut Ketua tim Pansus Wagubri DPRD Riau, Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wakil Gubernur Riau tinggal pencocokan data sesuai rencana minggu depan sudah di paripurnakan. Sehingga setelah di syahkan pemilihan Wagubri bisa segera dilaksanakan.

Sedangkan terkait calon Wagubri ia kembali menyarankan Pemprov Riau dalam hal ini Gubernur Riau segera mengajukan nama-nama calon agar pemilihan bisa segera dilansungkan.

“Jika tatib ini sudah di syahkan, maka pemilihan akan lansung dijadwalkan. Untuk itu nama-nama calon itu kita minta segera diajukan,” kata Aherson.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, dimana sebelumnya ia sudah menyempaikan, jika untuk penetapan Wagubri ini Pemprov Riau harus segera mengajukan nama-nama calon. Sehingga proses pemilihan bisa segera di jadwalkan. Hal itu juga menimbang kinerja pemerintahan kedepan, tambah lagi posisi Wagubri sudah lama kosong.

Begitu juga posisi Ketua DPRD Riau, yang jauh hari sebelumnya DPRD Riau telah menyampaikan surat untuk penetapan. Namun hingga kini belum ada jawaban penerbitan SK dari kemendagri, sehingga belum bisa dijadwalkan kapan akan dilakukan pelantikan. “Untuk ketua DPRD kuncinya SK tersebut, sedangkan untuk Wagubri tergantung pengajuan nama-nama calon yuang akan dipilih,” kata Sunaryo.

Sementarta Pemprov Riau sampai saat ini belum ada tanggapan untuk tindak lanjut pemilihan Wagubri maupun SK Ketua DPRD Riau. Bahkan untuk Wagubri sendiri Gubri Arsydjuliandi Rachman sebelumnya menyatakan, tidak mempermasalahkan Wagunbri, karena tampa Wagubri kegiatan pemprov bisa tetap jalan.

Sedangkan terkait SK Ketua DPRD Riau dari kemendagari, sampai hari ini juga belum ada kabar, karena Kepala Biro Tapem Sekdaprov Riau Rahima Erna juga belum ada memberikan jawab terkait pengurusan SK Ketua DPRD Riau di Kemendagri. (Dre)