Pemerintah Kabupaten Pelalawan Serahkan BLT Untuk Dua Desa Di Kecamatan Bandar Petalangan

PELALAWAN,Riauandalas.com- Demi meringankan beban warga terdampak ekonomi akibat merebaknya virus Corona, pada Selasa(7/7/2020) Bupati Pelalawan HM. Harris dan Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di dua desa yang ada di wilayah Kecamatan Bandar Petalangan yakni Desa Lubuk Raja dan Desa Sialang Godang.

Pada penyerahan BLT Dana Desa di Kecamatan Bandar Petalangan ini Bupati Harris menyerahkan secara simbolis BLT di dua desa, diantaranya Desa Lubuk Raja sebanyak 37 orang penerima tahap III dan Desa Sialang Godang sebanyak 51 orang penerima untuk tahap II.

Hadir dalam kesempatan ini OPD yang ada di lingkungan Pemda Kabupaten Pelalawan, anggota DPRD Pelalawan Nasaruddin, US.,SH, Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd, Lurah Rawang Empat Ramli, S.Pd.,M.Pd, Polsek Bunut Rokhani, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa dan masyarakat penerima manfaat.

Dalam sambutannya Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pelalawan beserta rombongan yang telah menyempatkan diri hadir di Kecamatan Bandar Petalangan ini dalam rangka penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat. Mukhtarius berharap semoga dengan adanya kegiatan dan bantuan tersebut dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara masyarakat dengan kepala daerah dan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sedang sulit akibat terdampak Covid-19.

Mukhtarius juga menyampaikan bahwa masyarakat penerima bantuan BLT ini ditetapkan berdasarkan hasil seleksi RT, RW dan kadus dan mereka yang terpilih berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku dengan tujuan agar tidak ada masyarakat yang menerima doble bantuan. Jika sudah mendapat bantuan dari program Kemensos RI seperti PKH, KKS dan BST tidak maka masyarakat tidak akan menerima bantuan BLT.

Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM juga menyampaikan bahwa bantuan BLT ini bersumber dari anggaran desa yang semulanya untuk pembangunan fisik desa, namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang mewabah maka anggaran dana desa tersebut dialihkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. “Dengan adanya wabah Covid-19 ini banyak masyarakat yang kehilang pekerjaan, penghasilan masyarakat menurun dan ekonomi masyarakat agak terganggu. Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan berupa uang melalui program BLT untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang lagi sulit dan agar masyarakat sehat dan sejahtera, karena kesehatan dan kesejahteraan masyarakat itu sangat penting. Oleh karena itu kepada masyarakat penerima bantuan BLT gunakanlah bantuan ini dengan sebijak-bijaknya untuk membeli kebutuhan pokok yang lebih penting dalam keluarga”. tutup Adi Sukemi.

Bupati Pelalawan HM.Harris dalam arahannya juga menyampaikan bahwa “Sepanjang jalan lintas yang saya lewati, saya melihat rumah masyarakat yang jaraknya agak jarang dan banyak tanah yang kosong yang cuma ditanami dengan sekedarnya saja. Saya berharap agar lahan masyarakat yang masih kosong tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan untuk masalah bibitnya nanti akan kita bantu.” ungkap Bupati Harris.

Bupati Harris juga menghimbau agar masyarakat waspada mengenai karhutla meskipun di Kecamatan Bandar Petalangan belum ada terjadi kebakaran, karena berdasarkan ramalanramadan BMKG wilayah Riau akan memasuki kemarau panjang. Bupati Harris tidak lupa untuk mengajak masyarakat agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi fase new normal baik itu dalam menjalankan pekerjaan dan pendidikan. (MD)