Koramil 02 Rambah dan Dinas TPH Rohul Panen Jagung Manis di Koptan Babussalam

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – Galakan program swasembada pangan pemerintah, Komandan Koramil 02 Rambah, Kapten Arm Alza Septendi bersama Kabid Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Rohul, Iskandar, di kawasan tanaman jagung manis Kelompok tani (Koptan) Babussalam Jaya Ngateno, Desa Babussalam Kecamatan Rambah.

 

Saat lakukan panen jagung manis tersebut, juga hadir Kepala UPTD Rambah, Zulkifli SP, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Darmansyah serta  ketua dan Anggota Koptan Babussalam Jaya Ngateno, termasuk sejumlah siswa SMK 1 Rambah.

 

Jagung manis yang dipanen tersebut, hasil penanaman para petani tergabung Koptan, pada beberapa bulan lalu. Tidak ada kendala yang dihadapi petani dalam musim tanam kali ini, bahkan dengan curah hujan yang cukup serta didukung bibit unggul juga pupuk dari Dinas TPH, hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

 

“Lahan pertanian di wilayah Teritorial Koramil 02 Rambah, kita khususnya di Kecamatan Rambah untuk laksanakan penanaman jagung manis, diareal seluas 15 hektar. Dimana yang kita panen saat ini hanya seluas 5 hektar, hasilnya memuaskan,” ungkap Danramil 02 Rambah, Kapten Arm Alza Septendi, Kamis (2/2/2017).

 

Kegiatan pendampingan panen jagung manis tersebut dikatakan Kapten Arm Alza Septendi, itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah binaan desanya, dalam memotivasi para petani agar terus bersemangat menanam padi dan jagung.

 

“Sehingga, Babinsa selalu kita tekankan untuk mengecek dan mendampingi prongram pertanian tamanan pangan yang kita laksanakan di masyarakat,” tegas Danramil lagi.

 

Dengan dilakukannya pendampingan dari TNI yakni para Babinsa, hasil panen di daerah teritorialnya diharapkan bisa bagus dan membaik sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

 

“Dilihat dari pantauan di lapangan, dimana sudah kita laksanakan panen jagung manis di lahan seluas 5 hektar, dan kita mendapatkan hasil 5440 tongkol per hektarnya,” jelas Dandarmil lagi.

 

Salah seorang petani Sukardi mengaku, masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani. Bahkan, dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

 

Para petanui berharap, hal itu bisa terus dilakukan para Babinsa sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. **( Alfian)