Kodim Mojokerto Bersama Instansi Terkait Bantu Korban Banjir Kalikatir Gondang


MOJOKERTO. Riau Andalas.com -Hujandengan instensitas cukup tinggi yang melanda wilayah Kabupaten dan KotaMojokerto pada Ahad (26/07/2017) telah menyebabkan meningkatnya debit air padasungai-sungai di wilayah pegunungan yang mengalir ke daerah hilir.  Bahkan di wilayah hulu-pun seperti DesaKalikatir Kecamatan Gondang yang dilintasi Sungai Kalikatir turut dilanda banjir(bandang).

Meluapnya Sungai Kalikatir (sebagian warga menyebutnyaSungai Klorak / Kluthuk) yang membelah pemukiman warga tersebut sempat merendam42 rumah warga dengan ketinggian air mencapai hampir satu meter sehinggamengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan bahkan untuk rumah wargayang dekat bantaran sungai ikut tergerus air pada sebagian pondasi dapur.    Demikian pula dengan perkakas rumah tangga,tabung LPG ukuran 3 Kg, barang elektronik dan pakaian milik warga ikut hanyutterbawa derasnya arus air yang bercampur lumpur dan dahan/ranting pohon.

Untuk membantu meringankan beban korban banjir tersebut,Kodim 0815 Mojokerto bersama instansi terkait mengerahkan sejumlah personelnyamelaksanakan karya bakti massal pembersihan infrastruktur, Fasum dan rumahwarga yang terdampak banjir,pada Senin pagi (27/03/2017).

Tampak pula sejumlah relawan dan warga masyarakatsetempat kompak membersihkan lumpur di sepanjang jalan desa, TPQ Al-Falah,Musholla dan rumah-rumah warga dengan menggunakan alat seadanya.   Bahkan Forpimka setempat turun langsung kelapangan, terlihat Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf  Sumiarso saat memimpinapel pembagian tugas, sesaat sebelum pembersihan di lokasi.

Turut serta dalam kegiatan karya bhakti kurang lebih 295orang antara lain : Kodim 0815 Mojokerto sebanyak 40 orang, BPBD KabupatenMojokerto 10 orang, PMK 5 orang, Satpol PP 10 orang, Polsek Gondang 10 orang,Koramil Gondang 10 orang, Relawan 10 orang dan warga masyarakat 200 orang.(Penrem 082/CPYJ).