Kampar 2018 Bupati Kampar H.Aziz Zaenal Motivasi Masyarakat Jadi Petani yang Sukses.

 

KAMPAR,Riauandalas.com– Lahan pertanian di Kampar sangat luas dan sangat potensial untuk dikembangkan dan diusahakan untuk budidaya tanamana pangan dan holtikultura, untuk itu diperlukan petani-petani yang terampil dan handal untuk mengolah lahan pertanian serta didukung oleh alat pertanian yang modern, dan pemasaran dari produk pertanian.

Hal itu disampaikan Azis Zaenal ketika temu ramah dan penyerahan Tractor pertanian kepada masyarakat Desa Sei Lambu Kecamatan Tapung, Sabtu (20/10/2018).

Pada acara penyerah tersebut Bupati berkesempatan mencoba mini traktor dan langsung mengolah lahan yang ada disekitar lokasi acara.

Bupati menyampaikan bahwa bantuan traktor dari pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian sangat membantu guna mempercepat proses pengolahan lahan masyarakat.

Bupati juga memaparkan dihadapan Direktur Kementan RI bahwa dengan luas lahan yang akan diolah dan jumlah desa yang besar, unit traktor yang ada sangat kurang. Untuk itu kepada Direktur Kementan RI, Azis meminta agar dapat menambah bantuan tractor di Kecamatan Tapung. ” Jadi kalau satu tentu kurang untuk itu mohon ditambah ke depan bantuannya, minimal 1 unit tractor untuk 2 desa, Kalau hal itu berhasil, saya yakin di Kecamatan Tapung dapat diwujudkan menjadi sentra pertanian di Kabupaten Kampar ini”, harapnya.

Bupati juga berpesan kepada Kades beserta perangkatnya, BPD dan masyarakat, agar dapat kompak dan akur serta mampu sinergi dalam bekerja sama agar Desa Sei Lambu akan cepat makmur.
Lahan pertanian sudah ada tinggal lagi dikelola. ” Untuk itu mari kita bekerja dan bekerja, anak muda jangan malu jadi petani, jadilah petani yang sukses yang akan membawa kemakmuran Desa dan masyarakat Sei Lambu”, himbau Bupati.

Pada kesempatan tersebut Kades Sei Lembu Makmur menyampaikan keinginan masyarakat untuk mengembangkan tanaman melon dan meminta bantuan bibit serta pebinaan dan pelatihan kepada petani. Menanggapi hal tersebut Azis menjelaskan akan segera dan dirinya langsung meminta Dinas Pertanian untuk menaggapi dan menyikapi keinginan masyarakat.

Sementara itu Direktur Pembenihan Dirjen Kemententrian RI Ir Sukarman mengatakan bahwa kampar sangat potensial untuk pertanian baik tanaman pangan perkebunan dan holtikultura terutama melon yang lagi dikembangkan ditapung. ” Kami akan mendukung sepenuhnya, dan membantu sesuai dengan ketersediaan dana yang ada,” Ujarnya.

Selanjutnya Sukarman mengharapkan masyarakat agar Manfaatkan bantuan tractor ini semaksimal mungkin untuk mengolah tanah dan mengembangkan Pertanian. ” Silahkan buat proposal bantuan benih tanaman yang dibutuhkan melalui Dirjen Kementan RI, nanti akan saya bawah kejakarta proposal itu dan akan diusahakan bantuan melalui Kementerian Pertanian,ungkapnya.

Ikut hadir pada acara diantaranya Wabup Kampar Catur Sugeng Susanto beserta Istri, Kepala Dinas Pertanian Kampar Hendri Dunan, Camat Tapung Ardi Mardiansyah, Direktur Perbenihan Dirjen Hortikultura Kementan RI Ir.Sukarman, Kasubdit Produksi dan Kelembagaan Benih Dirjen Hortikultura Kementan RI Ir.Purnomo, Anggota DPRD Kampar, Kabag Protokol dan Humas Kampar Farid Ridha, Kepala Desa se-Kecamatan Tapung, Kepala Puskesmas Tapung beserta masyarakat Desa Sei Lambu (Adventorial Pemkab Kampar/Bud)**.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kampar 2018 Bupati Kampar H.Aziz Zaenal Motivasi Masyarakat Jadi Petani yang Sukses."