ICMI Dan Baznas Rohil teken MOU, Program Rohil Cerdas

example banner

ROKAN HILIR,Riauandalas.com- Organisasi Daerah (Orda) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah melakukan nota kesepahaman (MoU) program Rohil cerdas.

Ketua Orda ICMI Rohil, dr Suratmin mengatakan, bahwa Program Rohil cerdas yang di gagas tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para siswa maupun siswi yang ada di Kabupaten Rohil dalam menghadapi serta memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. “Kita ingin lembaga yang ada di luar agar bisa intensif melatih anak-anak kita untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi,” ujar Suratmin.

Para pelajar yang telah selesai di bangku SLTA selama ini sebutnya hanya tau melanjutkan pendidikan ke universitas yang ada di Provinsi Riau seperti UNRI, makanya dengan adanya program ini nantinya akan dapat membantu anak-anak kalangan dhuafa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Dalam program ini nantinya pihak ICMI akan mencarikan lembaga pendidikan, kemudian untuk bantu pembiayaannya dari Baznas, dan bantuan ini hanya untuk kalangan anak-anak yang tidak mampu atau kalangan dhuafa, “katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Rohil, Drs H Jamiluddin memberikan apresiasi yang begitu besar terhadap ICMI Rohil terkait kegiatan program Rohil cerdas yang di gagas oleh ICMI Rohil.

*Dorong Sekolah Peduli Lingkungan

Selain meningkatkan SDM dan insfraruktur sekolah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) juga mengharapkan pihak sekolah dapat turut mendukung pada program peduli lingkungan yang diwujudkan dengan mengalakkan penghijauan. Kegiatan itu dengan melibatkan peran serta segenap kalangan terutama untuk anak didik sehingga tumbuh kesadaran sejak dini.

“Kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon yang ditingkatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) hendaknya didukung oleh semua pihak,” Kata Wabup Jamiludin.

Jamiludin mengatakan kalau pemkab tetap mendukung penuh hal tersebut apalagi terbukti sejumlah sekolah di Rohil telah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan keluar sebagai pemenang dalam lomba Adiwiyata.

Semua kalangan tambahnya diminta untuk peduli dengan terwujudnya lingkungan yang asri dan bersih serta hijau. Keberadaan halaman atau pekarangan hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik. Iapun memuji langkah yang dilakukan Disdikbud untuk menjalankan hal tersebut dengan kegiatan berupa pemberian bantuan bibit tanaman ke sekolah-sekolah beberapa waktu lalu.

Kadisdikbud Rohil, HM Rusli Sarief juga menegaskan pihaknya telah memberikan bibit tanaman yang diserahkan ke sekolah di tingkat kecamatan. “Ditargetkan semua sekolah dapat berperan dalam kegiatan lingkungan dan mendukung program Adiwiyata,” katanya.

Secara umum bibit tanaman itu telah dibagikan secara merata seperti di Kecamatan Pujud, Tanjung Medan, Tanah Putih Sedinginan, Rantau Kopar, Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya, Balai Jaya, Simpang kanan, Bangko Pusako, Tanah Putih Tanjung Melawan, Pasir Limau Kapas, Rimba Melintang, Kubu serta Kubu Babussalam. (Adv/humas/Said)