Hebat! Psikologi UIR Gelar Debat Pembelajaran Berbasis Internet

example banner

Suasana Debat Pembelajaran Berbasis Internet

PEKANBARU, Riauandalas.com –
Menanggapi perkembangan teknologi yang kian canggih dengan berbagai dampak positif negatifnya perlu adanya pemahaman dan penguatan dalam penggunaannya. Mengingat internet merupakan sarana sekaligus kebutuhan yang sangat diperlukan saat ini.

Hal itulah yang melatarbelakangi pelaksanaan Debat Ilmiah dengan mengangkat tema Pembelajaran Berbasis Internet di Program Studi Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.

Robby Fernanda Arifin, Ketua Pelaksana Kegiatan Debat Ilmiah Mahasiswa mengemukakan, debat Pembelajaran Berbasis Internet merupakan debat ilmiah perdana dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.

“Alhamdulillah tahun ini dapat memulai kegiatan debat dan ini baru pertama kali dilakukan semoga kedepannya bisa meningkat menjadi debat antar fakultas,” sebut Robby Fernanda menjawab riauandalas.com saat ditemui di Aula Lantai IV Fakultas Psikologi UIR, Jumat siang (15/12).

Menurut mahasiswa semester III itu, debat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara dan beradu argumentasi.

“Terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah mempelopori kegiatan debat ini dan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung. Salut pada bapak semoga bapak segera menyelesaikan program doktornya,” sebut mahasiswa asal Rengat-Inhu itu.

Menanggapi hal itu, Ahmad Hidayat, M.Psi., Psikolog Sekretaris Prodi Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi UIR sangat mengapresiasi kegiatan Debat Pembelajaran Berbasis Internet tersebut.

Menurutnya, pelaksanaan debat melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara di depan publik.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih publik speaking mahasiswa karena lulusan psikologi harus mampu menyampaikan keilmuannya tentu harus melalui proses dan prosesnya sedang kita mulai,” sebut Ahmad.

Menurut Ahmad, internet merupakan kebutuhan yang harus disikapi secara bijak terutama dalam menggunakannya.

“Melalui debat ini, saya berharap mahasiswa mampu memahami dan menggunakan internet dengan baik, karena internet memiliki dua sisi dan ini harus menjadi sarana mempermudah pekerjaan,” papar Ahmad.

Ahmad menuturkan, pelaksanaan Debat Ilmiah Mahasiswa Pembelajaran Berbasis Internet sangat diperlukan mengingat kalangan mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang dituntut mampu menguasai teknologi khususnya internet.

“Internet memiliki sisi positif negatif. Teman teman mahasiswa saya sarankan kuasai internet karena mau kerja mau apapun pakai IT,” sebut Ahmad.

Untuk itu, sambung Ahmad manfaatkanlah internet secara baik jadikan internet sebagai sarana meraih kesuksesan. Kesuksesan bukan kebetulan tetapi, butuh persiapan.

“Kesuksesan merupakan pertemuan antara kesiapan dan kesempatan. Siapkan diri Anda raih kesuksesan itu,” tutur Wakil Dekan II UPI periode 2008-2009 itu.

Intan Jamilah Ulfa, Koordinator Lapangan (Korlap) sangat bersyukur dan senang dapat melaksanakan kegiatan perdana dalam proses perkuliahan.

“Alhamdulillah kgiatan debat ilmiah yang diselenggarakan di Psikologi UIR sangat luar biasa. Mahasiswa diberi ruang melatih dan mengasah daya kritis untuk menanggapi isu-isu yang sangat urgent,” sebut mahasiswa semester III itu.

Menurut Intan pelaksanaan debat berlangsung sangat meriah meskipun kegiatan debat pembelajaran perdana dilakukan tapi antusias peserta sangat tinggi.

“Acaranya juga sangat meriah karena kehebohan dari tim pendukung peserta dalam memberikan semangat dan  dukungan terhadap tim unggulan mereka,” tutur Intan.

Intan menambahkan, kegiatan ini sangat menarik karena perdebatan antar kedua tim pro dan kontra sangat memahami materi sehingga argumen yang disampaikan selalu mendapat respon dari kedua belah pihak.

“Debat ilmiah antar kelas menjadi ajang yang sngat menegangkan den seru di mata kuliah Bahasa Indonesia,” pungkas Intan. (PRK)