DPRD Riau, Tinjau Langsung Limbah PT. Argo Abadi

Tidak ada komentar 460 views

KAMPAR, Riau Andalas. com – Banyak Laporan Masyarakat Soal Limbah PT Argo Abadi, Komisi D DPRD Provinsi Riau, langsung melakukan kunjungan lapangan ke PT Argo Abadi, terkait masalah limbah perusahaan di Desa Lubuk Siam, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (1/3/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Komisi D DPRD Provinsi Riau yang diwakili Asri Auzar, meminta penjelasan dan pembuktian pada perusahaan, jika dalam pengelolaan limbah perusahaan tidak membahayakan lingkungan setempat.

“Selain meminta penjelasan, kita (Komisi D DPRD Provinsi Riau, red), juga meminta perusahaan membuktikan jika benar kadar limbah perusahaan tidak membahayakan,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Argo Abadi menjelaskan jika saat ini pihaknya sudah melakukan pengelolaan dengan menggunakan sistem sembilan kolam. Dimana semua proses tersebut menghasilkan air limbah sebanyak lima persen.

“Proses pertama di mulai dari tahap pendinginan. Kemudian aerobik untuk mengurangi BOD dan COD, lalu masuk ke proses pengendapan kemudian terakhir masuk ke proses local traineyang menghasilkan air limbah sebanyak lima persen, dari total air limbah yg sudah di sirkulasi per hari sebanyak lima puluh persen,” ungkapnya.

Sementara untuk membuktikan limbah tersebut berbahaya atau tidak, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah mengambil sampel limbah yang kemudian akan diteliti.(Rilis/Humas DPRD Provinsi Riau).