Di Tengah Krisis Qatar, Turki Kirim Pasukan

Tidak ada komentar 108 views

TURKI, Riau Andalas.com – Sepakat dengan legislasi mengenai pengerahan pasukan Turki ke Qatar. Langkah ini disebut  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, bantuan dukungan dari Turki untuk negara yang tengah dilanda krisis diplomatik tersebut. Proses legislasi tersebut rampung usai dipublikasikan media resmi pemerintah, menyusul pengumuman dari kantor presiden. Undang-undang tersebut baru ditujukan oleh parlemen pada Rabu lalu. Erdogan langsung menyetujuinya.

 

Setelah pengerahan awal pasukan Turki di sebuah pangkalan di Doha, pesawat tempur dan kapal perang juga ikut dikirimkan. “Jumlah pesawat tempur dan kapal perang Turki yang akan dikirim ke pangkalan dipastikan usai persiapkan laporan berdasarkan peninjauan awal di sana,” demikian ditulis kantor Berita Hurriyet, Minggu (11/6).

Sementara itu, Ankara akan mengirim delegasi ke Qatar dalam beberapa hari mendatang. Mereka akan ke pangkalan untuk meninjau situasi di sana.

Diperkirakan ada sekitar 200 hingga 250 tentara dalam waktu dua bulan di tahap awal.

Erdogan juga disebutkan menyepakati perjanjian latihan militer bersama antara Turki dengan Qatar. Kedua undang-undang disusun sebelum krisis diplomatik yang dialami Qatar.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada awal pekan ini, menudingnya mendukung militan Islamis dan musuh bebuyutan kawasan, Iran. Beberapa negara mengikuti langkah itu sementara Doha menampik tuduhan tersebut.

Qatar bersumpah untuk mengakhiri isolasi dan menyatakan tidak akan merelakan kedaulatannya demi kebijakan luar negeri dalam menyelesaikan krisis diplomatik terbesar di kawasan beberapa tahun belakangan ini. [che/Merdaka.com/Ra]

 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Di Tengah Krisis Qatar, Turki Kirim Pasukan"