Dari Mana Anggaran Proyek peningkatan Jalan Desa Mahato Rp 2 Miliyar.?

example banner

Proyek Jalan Desa Mahato Asal Jadi

Diduga Kepala Desa Mahato Ngutang Dengan Investor.

ROKAN HULU,Riau Andalas.com – Proyek peningkatan jalan poros Desa Mahato Kabupaten Rokan Hulu, ini sangat membahayakan, bahkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor. Proyek peningkatan jalan ini diduga dikerjakan langsung oleh kepala Desa Mahato (firiadi), jalan yang dikerjakan tampa ada kosultan dan Asal jadi . “Proyek proyek jalan ini bukannya membuat jalan menjadi semakin baik, tetapi malah sebaliknya,” warga yang tak di sebut namanya .

Tambahnya ,setelah jalan di poros  tersebut selesai dikerjakan, sudah belasan warga hampir jatuh disana. “Usai diperbaiki, jalan  kerikil kasar dan rucing ,tapi pasirnya bercampur kerikil cukup tebal, sehingga bisa penyebab jatuhnya pengendara apabila melewati jalan itu, apalagi waktu itu belum diberi tanda peringatan agar pengendara berhati-hati,” jelasnya.

Untuk itu bagi pengguna jalan ini supaya berhati-hati ketika akan melewati jalan tersebut. Dari pantauan Media ini, ternyata memang benar bahwa jalan poros tersebut sangat mengancam keselamatan pengendara, terutama pengendara motor, sebab berpasir dan bercampur kerikil runcing. Selain itu, jalan yang baru dikerjakan itu sudah rusak dan berlubang kembali, seolah pengerjaannya asal-asalan tanpa mengutamakan kualitas.

Menurut Informasi yang di himpun media Riauandalas.com, proyek penigkatan jalan Desa Mahato menghabiskan anggaran sebesar Rp 2 Miliyar Rupiah, dari sumber Investor yang di pinjam oleh kepala desa dengan system utang .  

 

Bagaimana Kepala Desa Membayar Utang Tersebut kepada Investor…?

Dilihat dari penghasilan PAD Desa Mahato sangat lah besar, itu dibuktikan dari hasil plang (Ampang-ampang) Desa, belum lagi dari hasil rakit penyeberangan Desa, tidak kurang dari Rp.150.000.000,-/bulan nya.
Semenjak Kepala Desa Firiadi menjabat beberapa bulan yang lalu telah melakukan perbaikan jalan dengan program pinjaman dana ke investor untuk perbaikan jalan Desa Mahato, dana tersebut tidak lah sedikit, kabarnya mencapai 3 Miliyar.

Untuk itu Kepala Desa tersebut mengharapkan pembayaran hutang ke investor dengan cara dicicil dari hasil pendapatan daerah (PAD) Desa Mahato . sampai saat ini desa mahato masih terutang kepada investor.dan kewajiban desa mahato harus membayar kepada investor setiap bulan Rp150.000.000,-. Juta rupiah.
Saat dikomfirmasi masyarakat merasa kecewa atas tindakan kepala Desa, soal perbaikan jalan tersebut,dengan system utang ,sebut seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya Sabtu,(22/08/2017) .

Tambah warga,” baru beberapa bulan jalan nya di perbaiki oleh Kepala Desa, belum sampai setahun, jalan nya sudah rusak. Waga (red)  kata kades nya dulu mau pelebaran 16 meter sekaligus perbaikan dalam pemberitahuan surat yang ditempel di warung-warung. mulai dari KM 11 sampai Cindur, tapi apa??? hanya beberapa tempat yang dilakukan pelebaran jalan nya dan perbaikan nya, ada beberapa tempat yang tidak di perbaiki.itupun yang diperbaiki tidak kunjung adanya lagi perawatan sejak perbaikan tersebut, “kesal warga. (Ra)***