Danrem 031/Wirabima Ajak Mahasiswa Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

example banner


PEKANBARU, Riau Andalas. com – “peran generasi muda dari mulai jaman dahulu sangat kental dan nyata kita rasakan. Mulai dari Pergerakan Nasional sampai dengan merebut serta mempertahankan kemerdekaan. Ada tiga hal yg harus kita pahami dalam mewujudkan wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Wawasan kebangsaan perlu di dukung oleh undang-undang wajib militer, namun saat ini Indonesia belum bisa kita terapkan dengan wajib militer karena ada beberapa aturan yang masih harus di penuhi. Tujuan Wajib militer diantaranya menumbuhkan kesadaran bela negara, kesadaran rela berkorban dan kesadaran cinta tanah air bukan sebagai militerisasi masyarakat sipil serta menjadikan masyarakt sipil sebagai tameng.

Hal ini disampaikan Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution di hadapan ribuan mahasiswa/i Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau di gedung islamic center dalam acara pengenalan budaya akdemik dan kemahasiswaan.

Danrem 031/Wirabima sebagai salah satu pembicara dalam acara tersebut juga menyampaikan harapan yang besar kepada para mahasiswa dan mahasiswi agar dapat membangun dan mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan tindakan yang nyata dan positif dengan demokrasi, kesamaan derajat dan persatuan bangsa.

“Ingat bahwa Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dan keragaman budaya yang harus senantiasa kita jaga”, Ujar Danrem.

“Mari kita tumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, rasa nasionalisme, patriotisme, sadar bela negara dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia”, pesannya. Hadir dalam acara tersebut wakil rektor 3 UIN Suska Riau bapak DR. Thoirin,M.Pd, Kasiter Rem 031/Wb Letkol Arm.Jonny Marpaung.(Pw).