Bupati Rohul H Sukiman Bagikan Sembako Kepada Korban Banjir Di Bonai Darussalam

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman ‎yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Penny Herawati membagikan Paket sembilan bahan Pokok kepada korban banjir yang melanda di beberapa desa di Kecamatan Bonai Darussalam, Kamis (18/10/2018) sore.

Saat melakukan peninjauan,H Sukiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sekda Rohul H Abdul Haris, Kepala Dinas kesehatan, Kadis Sosial,Camat Bonai Darussalam Setiono,Kapolsek Bonai Darussalam Iptu Riza Effyandi SH, Kapos Bonai Peltu M Sitepu, Staf badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul beserta 21 orang Anggotanya,
Kemudian  8 orang dari anggota Dinas Sosial Rohul serta sejumlah Personil Polri

Selain meninjau korban banjir di Bonai Darussalam, Bupati Sukiman juga menyalurkan bantuan bahan pangan atau Sembako dari  Pemkab Rohul, seperti beras, susu, ikan kaleng, minyak goreng, biskuit, dan mie instan.

Di sela peninjauan tersebut, Sukiman mengatakan banjir melanda kawasan Bonai suda‎h biasa setiap tahunnya,‎ meskipun demikian, Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana banjir. Menurutnya, banjir bisa datang kapan saja, dari itulah masyarakat harus selalu waspada.

“Apalagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai agar berhati-hati, bisa saja air naik ke rumah dan menghanyutkan barang-barang berharga,” jadi saya menghimbau kepada masyarakat agar menyelamatkan barang berharganya ke tempat yang lebih aman “Pintanya.

Sukiman juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, karna banjir juga sudah memakan korban mennggal duna di Rokan IV Koto, untuk itulah para orang tua diharapkan waspada dan terus mengawasi aktivitas buah hatinya.

Setelah melakukan peninjauan ke lorong lorong Desa yang tertimpa musbah Banjir ‎dengan menggunakan perahu bersama ibu Bupati yang di dampingi Kapolsek Bonai Ds Iptu Riza, Bupati juga menyempatkan diri untuk melihat langsung jalan penghubung antara Bonai – Duri yang sempat lumpuh akibat genangan air, “Soal  tergenangnya ruas jalan yang menghubungkan  Rohul – Rohil  Sukiman mengakui memang belum bisa dilalui,yang jelas harus tetap waspada karena banjir ini jika intenstas curah hujan masih tinggi, kemungkinan banjir bisa bertambah mudah mudahan bantuan bahan pangan ini bisa membantu merngankan beban masyarakat “Pintanya.

Sementara laporan yang berhasil dihimpun dari Polsek Bonai DS, rumah yang terendam banjir ‎terdiri dari Desa Bonai 315 KK, DesaTeluk Sono160 KK ‎Desa sontang. 305 KK, Desa Kasang Mungkal 150 KK, Desa Teluk Sono 160 KK, dan  2 unit Masjid. di Desa Sontang, serta 1 unit Sekolah Dasar (SD) No 03 di desa Kasang Mungkal hingga berta ini di upload masih terendam banjir

Masih di tempat sama, Kapolsek Bonai DS Iptu Riza Effyandi SH mengaku bahwa bantuan yang telah disiapkan dari berbagai instansi berupa bahan pangan bersumber dari Bantuan  pihak dinas sosial LP3K terdiri dari mie Instan 100 kotak,Air mineral 40 kotak,tenda gulung 50 lembar,selimut 180 lembar,Matras 180 lembar

Sedangkan bantuan dari Bank Riau terdiri dari 1100 paket bantuan sembako, dan dari Dinas ketahanan Pangan ‎1 ton beras, dari BPBD 3 unit Tenda, 240 ikan Kaleng, 24 Paket makanan lauk pauk, dan 48 liter mnyak goreng.
Bantuan tersebut sudah serahkan ke pihak kecamatan dan desa. Semoga bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat yang terkena banjir,” pungkasnya. ***( Alfian Tob)