Bisa Langsung, Pengamat Sebut Parpol Daerah Tak Berkuku

example banner

pemerint

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Perubahan Partai Poltik (Parpol) saat ini jauh berbeda dibandingkan Parpol zaman dulu. Terutama pada parpol yang berada di daerah yang tidak lagi berkuku dan bisa di langkahi Balon. Seperti parpol yang ada di Riau saat ini, dimana para Balon sudah bermain lansung dengan Parpol pusat. Sehingga parpol didaerah hanya dinilai sekedar persyaratan atau formalitas.

“Kita bisa lihat. Contohnya saja menjelang Pilwako Pekanbaru saat ini, seakan Parpol di daerah tidak berkuku,” kata Pengamat Poltik Riau Zulkarnain Senin (19/9).

Alasan tersebut katanya, setelah memperhatikan perjalanan balon yang maju Pilkada Pekan baru yang sudah berjalan. Dimana para balon yang sebelumnya dijaring parpol di daerah hampir tidak ada yang sesuai dengan hasil yang dijaring sebelumnya. Bahkan balon yang di rekomendasi pimpinan pusat itu diluar balon yang diajukan Parpol di daerah.

“Maka itu kita nilai Parpol kita di daerah jauh berbeda dengan zaman dulu yang sesuai dengan pilihan dan hasil penjaringan Parpol di daerah,” jelasnya.

Seharusnya untuk penjaringan balon ini tambahnya, Parpol pusat merekom benar-benar sesuai hasil penjaringan parpol di daerah. Karena trake record Balon pasti Parpol daerah yang lebih tau setelah dilakukan seleksi.

“Memang ini berpolitik, tapi bagaimanapun juga masyarakat juga memamntau politik itu, apa lagi saat ini masyarakat tidak mau lagi tertipu dalam menentukan pilihan untuk kepala daerah,” tutur Dosen yang juga tokoh masyarakat Riau ini. (Dri)***