Bersama Pangdam, Danrem 031/WB Tepuk Tepung Tawar Satgas PAMTAS RI-RDTL

101 views
example banner

PEKANBARU, Riauandalas.com – Bersama Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah MA MSc, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan tepuk tepung tawar seluruh prajurit Yonif 132/BS yang baru saja pulang dari pelaksanaan tugas di daerah perbatasan Republik Indonesia (RI) – Republica Demokratic Timor Leste Republik (RDTL).

Tepuk Tepung Tawar tersebut, dilakukan Danrem 031/WB usai pelaksanaan upacara penyambutan, Jumat (28/8) di Asrama Yonif 132 /BS yang dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB yang juga dihadiri Wakil Gubernur (Wagubri), Edy Natar Nasution, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Bupati Kampar, Catur Sugeng, Jajaran Korem 031/WB, Dandim Se Provinsi Riau serta Forkopimda.

Sebelum diresmikan oleh Pangdam I/BB, penyambutan Satgas Yonif 132/BS ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan di Kota Dumai, dimana penyambutan tersebut merupakan sambutan pertama yang dilakukan langsung di pelabuhan Pelindo I Kota Dumai.

Pada penyambutan itu, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan juga menyampaikan jika penyambutan prajurit Yonif 132/BS yang berjumlah sebanyak 400 personel tersebut merupakan sebuah penghormatan dan bentuk kebanggaan kepada Prajurit Satgas Yonif 132/BS yang telah selesai melaksanakan tugas selama lebih kurang 12 bulan dengan baik.

Bahkan saat penyambutan tersebut, Danrem juga menyampaikan, kepulangan prajurit dari tugas ini juga mengingatkan beliau yang sebelumnya juga pernah memimpin Batalyon 132/BS tahun 2009-2012 lalu. Termasuk membawa satuan ini berangkat tugas operasi Pamtas RI-PNG tahun 2009-2020. Dimana tugas yang diemban prajurit tersebut merupakan tugas besar yang juga memiliki resiko mengorbankan jiwa dan raga.

Sementara Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah MA MSc mengatakan, jika penyambutan kepulangan prajurit Yonif 132/BS dari menjalankan tugas tersebut tidak hanya sebuah kehormatan dan kebanggaan saja, tapi juga sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan prajurit menjalankan tugas dengan baik dengan membawa keberhasilan.

“Dan salah satu yang paling disyukuri itu, seluruh prajurit yang dikirim bertugas kembali dengan selamat tanpa satupun kekurangan. Maka itu sebagai Pangdam saya sangat merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada prajurit smoga terus sukses kedepannya,” katanya.

Ia juga menyampaikan, jika kesuksesan prajurit dalam menjalankan tugas ini tidak lepas dari hasil pengabdian yang tulus dan ikhlas serta kesadaran berbuat yang terbaik. Sehingga rasa tanggung jawab yang diimplementasikan dalam melaksanakan tugas dapat menjaga nama baik satuan, khususnya citra Kodam I/ Bukit Barisan.

“Kepada prajurit Yonif 132/BS saya kembali mengingatkan jangan larut dalam kebahagian atas keberhasilan, karena keberhasilan itu sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi semua,” tuturnya,

Selanjutnya dalam pelaksanaan tugas kedepan, Pangdam menekan beberapa hal yang harus di pedoman oleh prajurit.

Pertama tetaplah bersyukur dan berserah diri pada Tuhan yang kuasa, dan jangan larut dalam kegembiraan yang berlebihan. Karena keberhasilan ini merupakan kehormatan dalam menjalankan jalankan tugas yang mulia.

Kedua, laksanakan konsolidasi dengan tertib administrasi dan benar. Sehingga pertanggungjawaban satuan atau perorangan dapat dilaporkan dengan akuntabel.

Ketiga, diberikan rewards dan punishment kepada personel yang memang patut menerimanya serta kami meyakinkan hak-hak kesejahteraan prajurit dapat dipenuhi sesuai aturan yang berlaku.

Keempat, segera menyesuaikan dengan kegiata satuan yang mengacu pada program kerja dan anggaran Kodam I/ Bukit Barisan sesuai anggaran tahun 2020,” tutupnya. (dre)