APBD-P Dewan Minta Pemprov Riau Benahi Jalan Rusak

Tidak ada komentar 357 views
example banner

20160316_182509
PEKANBARU, Riau Andalas.com– Hingga kini kondisi jalan masih banyak memprihatikan dan mengancam kenyaman masyarakat pengendara. Agar kondisi tersebut bisa teratassi dengan maksimal Anggota DPRD Riau minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap fokus untuk perbaiki jalan-jalan rusak yang ada di Riau. Terutama dalam pembahasan APBD-P kedepan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi D DPRD Riau, Asri Auzar. Dikatakanya untuk perbaikan jalan tersebut sudah disediakan anggaran setiap tahun. Intinya tinggal penyelenggaran dengan maksimal dan digesah.

Bahakan katanua, anggaran yang dikucurkan untuk pemeliharaan tersebut juga cukup besar dan mampu untuk membenahi kondisi jalan yang rusak saat ini. Baik untuk jalan kabupaten kota maupun jalan tingkat nasional.

“Untuk jalan ini, sudah pasti dianggarakan tiap tahun. Maka itu kita meminta Pemprov lebih fokus saja. Agar kondisi jalan itu memberikan kenyamanan pada masyarakat selaku pengguna jalan,” kata Asri Auzar.

Dijelaskanya,  sesuai Jalan provinsi yang merupakan tanggung jawab Pemprov Riau di Kabupaten/Kota diperkirakan mencapai 3.033 Kilometer. Sedangkan kerusakanya mencapai 38 persen dari jumlah jalan terseut. Sehingga menjadi pekerjaan yang harus digesah oleh Pemprov Riau.

“Itu belum masuk Jalan Nasional, Jalan Nasional yang memiliki panjang 1.134 Kilometer, 87 kilometer atau 7,6 persen diantaranya juga mengalami rusak. Sementara pembenahan baru berjalan beberapa persen saja. Untuk itu kedepanya pemprov Riau harus menegaskan untuk pembenahan jalan-jalan rusak itu,” tutur Asri Auzar. (Dr)