NasionalPemerintahanRiau

DPD RI Janji Bantu Riau Melawan Covid 19 Dengan Maksimal

PEKANBARU, Riauandalas.com- Terima kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar paparkan kondisi penyebaran Covid-19 yang saat ini terus meningkat drastis. Dimana tujuan penyampaian ini agar DPD RI bisa memberikan solusi sebagai perwakilan daerah di tingkat pemerintah pusat.

Kunjungan yang di pimpin lansung oleh Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti Gubri mengatakan jika jumlah masyarakat yang terpapar Covid 19 suda mencapai angka 1.739 orang, yang 743 diantaranya masih dalam perawatan dan Isolasi. Jumlah pasien tersebut juga terbagi di berbagai daerah di Riau, dimana untuk penambahan terus terjadi pada enam daerah yang saat sudah termasuk. mengkawatirkan. Yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

“Enam daerah ini setiap hari terus mengalami peningkatan yang saat ini daerahnya kembali bersatu zona orange zona kuning,” katanya.

Dengan adanya kunjungan DPD RI ini, ia berharap DPD RI bisa memberikan solusi untuk membantu Riau dalam penanganan.

Memang meningkatnya kasus positif Covid 19 ini karena adanya penggesaan tes swab masal dan tracking kota dari pasien positif sebelumnya. Namun sesuai pendeteksian menunjukan Riau masih tergolong besar penyebaran. “kita harapan dengan adanya peningkatan ini DPD RI bisa membantu Riau ditingkat pusat, baik terkait penanganan maupun hal lainnya yang bisa meringankan Riau dalam pengaman dan pencegahan Covid 19. Seperti peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut Anggota DPD RI, Instiawati Agus berjanji siap membantu atau mensupport, salah satunya terkait mengembalikan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid 19.

“Dari pembahasan tadi kita sudah mendengar paparan dari bapak gubernur. Dan kita siap membantu dan mensupport apa yang diharapkan gubernur di tingkat pusat,” katanya.

Ia menegaskan mensupport dan mambatu tersebut maksudnya, juga sesuai dengan kewenangan DPD RI, seperti dalam mengembalikan perekonomian masyarakat yang rogramnya ada pada gubernur dan regulasi sama DPD RI.

“Jadi apapun program gubernur Riau untuk penanganan Covid 19 ini silahkan jalankan dan kita juga siap membantu regulasi nya di pusat sesuai kewenangan kita sebagai DPD RI,” tuturnya. (dre)