Berita utamaHukum&KriminalRiau

Dugaan Kuat Ganti Rugi Pembebasan Tanah Jalan TOL Seksi 2 D Fiktif, Tidak Ada Melalui Desa Rantau Bertuah Kecamatan Minas Kabupaten Siak.

PEKANBARU, Riauandalas.com- Berita ini terbongkar pada hari Kamis tanggal 12 Febuari 2020 saat pertemuam Tim Kelompok Tani , Ir,Darma Nova Siregar,bersama Wartawan, Tim Ivestigasi PUSTRAP MKGR Romi dan Maneger KKS KUD Karya Baru di ruang kerja Jimmi ST,MSM Sianipar selaku PPK Kementerian PUPR Wilayah II Pekanbaru Jalan Kutilang Ujung No 3 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Pekanbaru yang dihadiri juga oleh staf PUPR Anton,Rinaldo Siaahaan, terkait Pembangunan Jalan TOL Seksi 2 D tidak ada di wilayah Desa Rantau Bertuah Kecamatan Siak Kabupaten Siak.

Pertemuan berjalan dengan baik dimana Tim dari kelompok Tani KKS KUD Karya memberikan dokumen tentang kepemilikan kelompok tani sawit yang dikuasai sejak tahun 1996 yang sekarang telah dirambah oleh adanya jalan Tol seksi 2 D.Tentu petani kewalahan bagaimana cara mendapatkan ganti rugi dan mohon bantuan kepada kementerian PUPR  untuk dapat menyelesaikan nya.

Tim PUSTRAP MKGR dan Wartawan memberikan hasil Investigasi peninjauan lapangan, dan fakta jalan tol seksi 2 D dan Suratno Mantan Kepala Dusun IV Plambayan mengatakan bahwa Kebun Kelapa sawit KKS KUD Karya berada di Wilayah Kampar tepatnya Dusun IV Plambayan Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar yang sesuai dengan surat Setda Kabupaten Kampar tanggal 11 April 2002, dan telah dilakukan peninjauan lapangan oleh mantan Camat Kota Garo H. Syafril dan Kepala Desa Kota Garo ABD Rachman kala itu.

Hasil Konfirmasi bersama Ahmad Darbi kepala Kampung Rantau bertuah tgl 27 Januari 2020 menyatakan bahwa pembangunan jalan tol sekarang berada di Dusun IV Plambayan desa kota Garo tepatnya ditengah KKS Karya baru dan selanjutnya juga dilakukan kontak (Via telp) dengan H.Ilyas kepala Desa Garo menjelaskan tentang Batas wilayah Kota Garo dengan Siak ,” SAYA ASLI PRIBUMI DESA KOTA GARO DIMANA BATAS WILAYAH SEMASA NENEK MOYANG KAMI DITANDAI SECARA ALAMIAH, ADALAH AIR SUNGGAI MAUPUN ANAK SUNGAI SEBAGAI BATAS WILAYAH. Desa Kota Garo terdapat banyak sungai seperti sungai Tekwana,anak sungai tekwana,anak sungai tekwana Sunsang, sungai Salembakan semuanya itu mengalir dan bermuara ke Sungai Tapung.

Tambah Ilyas,” yang saya tahu ada dua tapal batas yaitu tapal batas wilayah yang ditentukan oleh Negara ( Geodesi Nasional) yang terdapat dibelakang pos LLAJR Minas II di Anak Sungai Tekwana tepatnya dipingir jembatan persedian air PT.CPI jalan lama PT.CPI/Cevron Yang ada pipa besar.Satu lagi berada di sekitar gudang Dinamit PT.CPI di km 39, 

sedangkan keberadaan kebun kelompok tani KKS Karya Baru benar adanya dimana di tenggah Kebun ada anak sungai tekwana sunsang yang dirusak sehinga tidak berfungsi ( merusak lingkungan ), ungkap kepala Desa

Setelah melihat peta Kordinat Lahan KKS KUD Karya Baru Jimmi serta merta mengatakan bahwa kordinat kebun kelompok tani masuk dalam pembangunan Jalan Tol seksi 2 D. dan Pembangunan jalan tol secara fakta tidak ada di Desa Rantau Bertuah. Sedangkan dana telah dicairkan untuk 2 desa Minas barat dan Rantau Bertuah luas 424 ha dengan pembiayaan RP.97.38 milyard teridiri 582 bidang kepada siapa diberikan dana dan dimana lokasinya ? Namun Tim belum mendapatkan informasinya dan kuat dugaan fiktif. Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *