advertorialGaleriPemerintahanRohul

Bupati Rohul Suparman, Tutup MTQ Ke 17 Rambah Juara Umum Diraih Oleh Kafilah Desa RTU

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – ‎Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos, M.Si, resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVII tingkat Kecamatan Rambah di Masjid Raya Baitan Nur di Kaiti Desa Rambah Tengah Barat, Senin (22/5/2017) malam. Kafilah Desa Rambah Tengah Utara keluar sebagai juara Umum MTQ itu.

Penutupan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah dihadiri Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, Ketua Pengadilan Negeri Pasirpangaraian Sarudi SH, MH, perwakilan Dandim 0313 KPR, sejumlah anggota DPRD Rohul.

Turut hadir Kapolsek Rambah AKP Didi Antoni, Kepala Desa Rambah Tengah Barat Sofyan selaku tuan rumah, ribuan masyarakat di Kecamatan Rambah, dan peserta MTQ.

Dalam sambutannya, Suparman mengakui dirinya sangat merindukan masa-masa kecil, dimana sudah menjadi keharusan usai Salat Maghrib untuk waktu mengaji.

Semasa kecilnya, anak-anak semangat pergi ke masjid sebelum Maghrib. Namun saat ini, dinilainya muda mudi justru masih duduk-duduk atau bahkan masih berkendara saat Maghrib datang.

“Malu kalau di rumah kita tidak terdengar suara mengaji. Nah, ini mungkin bisa menjadi sebuah kilas balik bagi semua masyarakat yang beragama Muslim, agar kiranya ke depan membiasakan budaya malu ini,” imbau Suparman.

Budaya malu, tambah mantan Ketua DPRD Provinsi Riau ini, seharusnya sudah jadi keharusan bagi masyarakat Muslim. Hal itu salah satu upaya dalam membumikan kembali Alquran melalui program Maghrib Mengaji dan Didikan Subuh.

“Jika tidak ada terdengar Alquran di rumahnya, dia akan malu. Tentu melalui ajakan dan pendidikan informal yang ada di tengah masyarakat,” kata Bupati Rohul.

Para ulama, cerdik pandai, dan seluruh elemen masyarakat juga harus mendukung dalam membumikan Alquran, sehingga Pemerintah Daerah mendukung program ini melalui program-program lain, seperti melakukan serangkaian MTQ yang sudah dilaksanakan di Kecamatan Rambah.

“Sehingga kita harapkan semua elemen masyarakat dan tokoh masyarakat ikut berpartisipasi membumikan Alquran di Kabupaten Rokan Hulu ini,” harap orang nomor satu di Kabupaten Rohul ini.

Suparman mengakui Didikan Subuh juga harus digalakkan, sehingga anak-anak di Kabupaten Rohul giat dalam belajar agama. Tidak hanya melalui pendidikan formal, pendidikan informal juga sangat menunjang bagi putra dan putri Rohul dalam memahami agamanya dengan benar.

Bupati Rohul juga mengakui MTQ merupakan sebuah tradisi yang sudah mengakar di Kabupaten Rohul dan merupakan gelora arus bawah, sehingga benar-benar menyemarakkan.

Suparman juga memuji partisipasi besar masyarakat Desa Rambah Tengah Barat hingga pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah terlaksana yang murni menggunakan dana swadaya, tidak ada bantuan dari pemerintah daerah.

“Ini membuktikan masyarakat siap berpartisipasi dalam mengisi pembangunan itu,” ujarnya.

“Apalagi negeri kita Negeri Seribu Suluk. Saya yakin suluk itu identik dengan pemahaman-pemahaman Alquran secara mendalam melalui ibadah suluk,” tandas Bupati Suparman dan optimis qori dan qoriah Rohul semakin hebat ke depan.

Bupati Rohul mengimbau para pemenang tidak berbesar hati, namun harus terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Sedangkan untuk yang kalah dimintanya tidak patah semangat, namun harus terus belajar menjadi yang terbaik.

Sementara itu, Camat Rambah Muhammad Franovandi, S.STP, M.Si, dalam sambutannya mengatakan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah istimewa karena pada tahun ini ditutup oleh Bupati Rohul Suparman.

Ia mengakui pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah sempat dua kali tertunda, namun pada akhirnya acara jadi dilaksanakan mulai 18 Mei hingga 21 Mei 2017.

Franovandi juga berterima atas perhatian Pemkab Rohul untuk Desa Rambah Tengah Barat, sebab tahun ini ada pembangunan jalan di desa ini melalui bantuan dana alokasi khusus.

Franovandi juga mengharapkan Pemkab Rohul mendukung Desa Rambah Tengah Barat sebagai pusat penghasil gula enau atau gula aren, baik di Kabupaten Rohul, atau tingkat Provinsi Riau.

Pada pengumuman pemenang MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah, dibacakan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambah, H. Abdurrahman Jailani M.Sy, bahwa kafilah Desa Rambah Tengah Utara keluar sebagai juara di MTQ yang diikuti 156 peserta dari 13 desa dan 1 kelurahan.

Disusul Desa Rambah Tengah Hilir dan Desa Rambah Tengah Barat sebagai juara kedua ketiga. Sedangkan harapan satu, dua, dan tiga diraih kafilah Desa Pematang Berangan, Desa Sialang Jaya, dan Desa Tanjung Belit.

Untuk juara pertama pawai taaruf MTQ diraih oleh Kelurahan Pasirpangaraian, disusul Desa Rambah Tengah Barat, dan Desa Sialang Jaya. Sedangkan Desa Pematang Berangan, Desa Menaming, dan Desa Babussalam meraih juara harapan satu hingga tiga.***( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *