Pendemo Anti korupsi di hadang Ormas Hulubalang

Tidak ada komentar 1193 views

IMG-20160118-00123

Rokanhuluriauandalas.com-hampir seratus masyarakat dan mahasiswa yamg tergabung dalam empat organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) gelar aksi damai ke polres rohul dan kejaksaan negeri pasir pengarayan, Senin (18/1/2016)
Tujuan Aksi ini dilakukan untuk membangunkan polres dan kejaksaan yang selama ini di anggap tidur dalam mengungkap kasus korupsi yang terjadi dirokan hulu sebagai negeri julukan 1000 suluk.
Adapun empat organisasi yang tergabung pertama LSM pemantauan kinerja aparatur pemerintah pusat dan daerah (PK APPD) koalisi masyarakat mahasiswa pemuda anti korupsi (KOMMPAK), lsm Penjara dan Bara Api, meminta terhadap aparatur penegak hukum polres rokan hulu untuk bekerja maksimal dalam melindungi uang dan aset negara hal sama juga disampaikan kepenegak hukum kejaksaan negeri pasir pengaran.
Kinerja aparat kepolisian rokan hulu yang dinilai lamban menangani kasus Korupsi
Orasi demo berlangsung dari taman kota rokan hulu menuju Mapolres Rokanhulu dengan berjalan kaki sembari berorasi Yel-yel…. tangkap dan penjarakan para koruptor jangan biarkan mereka mengirup udara segar dan bangun Polisi jaksa dengan orasi lagu Indonesia raya “bangunlah polisi dan Jaksa dari tidurnya “Namun sesampai di Moapolres rokan hulu para masa pendemo di hadang petugas polisi. Cukup lama para pendemo berada di badan jalan sampai jumpa kesepakatan antara aparat polisi dengan pendemo untuk berorasi di depan kantor polisi.
Saat berdemo banyak pihak yang menilai Polisi kurang efektif dalam pemberantasan korupsi di rokan hulu para pendemo Meminta para aparat kepolisian rokan hulu agar bisa menuntaskan tugasnya dalam memberantas korupsi di kabupaten rokan hulu ini sesegera mungkin jelas orator umum yang mengaku dari Himpunan mahasiswa islam Rokanhulu.
Banyak kasus-kasus hukum tentang korupsi di rokan hulu ini belum selesai . Dengan alasan harus membaca dan mempelajari berkas-berkas dokumen serta bukti-bukti nya harus akurat. Tutur aparat kepolisian.
Menurut salah satu mahasiswi (20) saat berorasi, bagaimana aparat polisi bisa bekerja dengan baik sedangkan saat berorasi para pendemo menyanyikan lagu Indonesia raya tidak ada satu pun polisi yang mensuarakan lagu kebangsaan Indonesia ini. Padahal lagu ini wajib di hayati dan diamalkan .
Ini bentuk kecawa rakyat terhadap kinerja aparat. Terlalu lambat dalam menangani korupsi di bumi rokan hulu yang di kenal dengan seribu suluk. Banyak para koruptor yang masih menghirup udara segar dn masih melakukan korupsi berjamaah.

Pendemo anti korupsi dihadang dengan tunjangan dari ormas hulubalang
Di depan bundaran pasir pengaraiantepatnya di gerbang pemkab RokanHulu para pendemo yang tergabung dalam kwalisi organisasi masyarakat mahasiswa dan pemuda anti korupsi rokan hulu (KOMPAK) yang akan melanjutkan orasinya pada Kejaksaan negri rokanhuli di hadang ormas yang mengaku Hulubalang .
Hingga Terjadi dialog antara pendemo dan hulubalang Rokan hulu. hulubalang yang secara spontan menunjang salah satu pendemo tetapi dihadang ke polisan. . Percekcokan i terjadi tetapi tidak ada korban dalam kejadian .
Hulubalang Rokan hulu ini yang menyatakan bahwa demo ini hanya bentuk hasutan untuk memecah belahkan kesatuan dan keamanan rokan hulu ini.
Cukup lama para pendemo di hadang untuk menuju kantor kejaksaan rokan hulu.setelah salah satu pendemo yaitu Agus turi daulay memberikan pemahaman tujuan dari aksi dan visi misinya untuk menyampaikan orasi dalam membangunkan Kejaksaan dari tidurnya Para pendemo langsung dapat dukungan dari Ormas Hulubalang hingga pendemo memasuki latar kejaksaan dengan tertib tanpa ada kerusuhan /anarkis.
Perwakilan dari berbangai LSM dan Mahasiswa menyampaikan orasinya di depan pegawai kejaksaan yang mewakili Kajari Rokanhulu
Pendemo yang terdiri dari berbagai LSM, mahasiswa, masyarakat , dan pemuda rokan hulu memberikan orasi tentang arti pentingnya pemberantasan korupsi di rokan hulu i. Agar masyarakat kecil terutama masyarakat yang berada di pelosok dapat mengenyam kehidupan yang lebih baik lagi.
Pihak kajari menerima sikap demo yang kondusif ini dan akan bekerja dengan baik dalam menuntaskan korupsi di rokan hulu ini. Hasil demonya mencapai kesepakatan dan tidak ada terjadi kerusuhan atau anarkis*** Liza