Berita utamaLingkunganPekanbaruPendidikanRiau

Terendam Banjir, Wagubri Bantu Normalisasi Parit Lingkungan SMP 39 Pekanbaru

PEKANBARU, Riauandalas.com- Tuntas bantu atasi bajir di tiga lokasi, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution kembali bantu arasi bajir dilingkungan masyarakat Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Bantuan kali ini dilakukan Wagubri, di lingkungan RT 03/RW 012 Kelurahan Pembatuan, Kecamatan Tenayan Raya. Dimana bantuan sebelumnya berada di lokasi Jalan Karya, RT 001/RW 008 Kelurahan Bambu Kuning, Jalan Tanjung Indah RT 001/RW 001, Kelurahan Tangkerang Tmur dan Jalan Simpang Badak RT 004/RW 008, Kelurahan Bencah Lesung Kecamatan Tenayan Raya.

Adapun bantuan yang dilakukan Wagubri tersebut, menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan atau normalisasi pada parit yang terjadi penyempitan. Terutama pada parit pangkal atau penyebab terjadinya banjir.

Untuk lokasi ini kata Wagubri, sesuai informasi yang disampaikan ibu Ade untuk minta bantuan supaya mengatasi banjir di lokasi ini. Bantuan yang disampaikan ibu Ade itu setelah melihat bantuan yang dilakukan ditiga tempat sebelumnya.

“Saat ini, Ahamdulillah saya bisa meninjau lansung pengerjaan yang penuntasanya tinggal sekitar 50 meter lagi,” kata Wagubri usai peninjauan lokasi. Jumat (13/10) yang juga didampingi Lurah Pembatuan, Babinkantibmas, Ketua RW 012 serta masyarakat sekitar lingkungan.

Wagubri mengatakan, banjir dilokasi tersebut juga berdampak pada SMP 39 Pekanbaru, jika musim hujan sekolah terendam hingga lutut kaki orang dewasa. Untuk itu, dengan adanya bantuan normalisasi ini kedepan sekolah yang merupakan tempat pendidikan anak-anak ini tidak lagi kebanjiran.

“Kita juga sudah menyampaikan pada kepala sekolah, dengan dilakukannya perbaikan pada penyebab bajir ini. Maka kedepan kita harapkan tidak lagi terjasi banjir di lingkungan sekolah ini,” ujar Wagubri.

Selain itu, Wagubri juga menyampaikan kepada Lurah Pembatuan, agar terus menghimbau pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena hal itu juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penyumbatan pada parit atau drainase dan lainya.

Artinya, denga dilakukannya pengerjaan perbaikan parit untuk mengatasi banjir ini, bisa sama-sama dijaga. Sehingga kedepan bajir di Pekanbaru bisa diatasi dengan maksimal.

“Kita turun meberikan bantuan ini, juga melakukan koordinasi, terutama terkait aturan. Karena tidak menyalahi aturan maka kita turunkan yang tujuannya untuk mempermudah dan membantu masyarakat yang sangat membutuhkan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Lurah Pembatuan, Suwandi Nasution SIp menyampaikan terimakasih kepada Wagubri yang telah bersedia membantu dan meninjau lansung pengerjaan normalisasi atasi bajir yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

“Sebagai mewakili masyarakat, kami sangat berterimakasih yang kepada bapak Wagubri,” katanya.

Tidak hanya masyarakat, batuan yang dibantu Wagubri ini tambahnya, juga telah menyelamatkan sekolah yaitu SMPN 39 Pekanbaru yang sebelumnya kalau musim hujan tergenang hingga lutut dewasa.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMP 39 Pekanbaru, Dasmawati SPd, Msi, jika ia juga sangat berterimakasih kepada Wagubri yang telah bersedia lansung turun membantu masyarakat. Khususnya lingkungan sekolah SMP 39 Pekanbaru yang terendam banjir saat musim hujan.

“Semoga dengan telah diperbaiki parit yang menjadi penyebab bajir ini. SMP 39 Pekanbaru tidak lagi kebanjiran. Sehingga proses belajar dan mengajar disekolah tidak terganggu dan berjalan normal,” tuturnya.(dre)