PekanbaruPemerintahan

Workshop Kota Nol Karbon, Tindak Lanjut Kolaborasi Pekanbaru-Kawasaki City

PEKANBARU,Riauandalas.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar Workshop dengan mengusung tema “Workshop for project to promote 2050 Zero carbon City in Riau Province Region through Cooperation with Pekanbaru City.”

Kegiatan ini merupakan wujud dari kerjasama Kota Pekanbaru dengan Kota Kawasaki, Rabu, (2/8/2023). Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi ST MSi dan rombongan dari Kota Kawasaki.

Tim leader dari pihak Kota Kawasaki, Maicel menyebutkan acara ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti letter of intent atau surat penyataan awal kerjasama yang sudah ditandatangani Februari tahun ini. Untuk menjadikan Riau sebagai pusat perkembangan zero carbon city.

Sementara itu, Takahashi dari anggota Kota Kawasaki juga mengungkapkan, “Terima kasih kepada semua yang hadir hari ini dalam penyelenggaraan workshop. Kami dengan senang hati menyambut baik Pemerintahan Kota Pekanbaru dan Dinas terkait.” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, SekdakoPekanbaru Indra Pomi Nasution yang mewakili Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP menyampaikan, strategi untuk mewujudkan kota nol karbon di Kota Pekanbaru yang pertama yaitu pengguna energi bersih, beralih dari sumber energi fosil kembali ke sumber terbarukan. Hal ini langkah pertama menuju kota nol karbon.

“Selain itu transportasi berkelanjutan, seperti transportasi yang ramah lingkungan, penggunaan bersepeda, dan berjalan kaki dapat mengurangi emisi dari transportasi,” kata Indra Pomi

Kerjasama ini tentunya diharapkan dapat membuat bersinergi dan menciptakan kota yang zero carbon. Dengan terbentuknya kerjasama antara Kawasaki dan Pekanbaru ditekankan dapat tercapai target tersebut dan memberikan dampak positif bagi lingkungan di kedua kota tersebut.(rilis/hen)