Berita utamaPendidikanRiau

Penampilan dan Kesantunan, Modal Utama Wartawan Saat “Menembus” Narasumber

PEKANBARU,Riauandalas.com-Menjaga penampilan & komunikasi yang santun merupakan hal paling menentukan dalam keberhasilan wartawan saat menemui nara sumber.

Demikian Direktur Utama, Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center, Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., ketika tampil sebagai Narasumber Tunggal dalam Seminar Jurnalistik di Hotel Ameera, Pekanbaru, Kamis (9/2) siang.

Seminar bertajuk: “Strategi Wartawan Menembus Narasumber” itu, diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah, Perhimpunan Jurnalis Indonesia Demokrasi (DPD-PJID) Riau.

“Untuk tampil necis dan rapi, Anda tidak perlu memakai pakaian mahal dan mewah,” kata Wahyudi di hadapan peserta seminar para wartawan, pemimpin redaksi media dan juga pejabat dari berbagai instansi.

Penampilan dan cara berpakaian wartawan, kata Wahyudi adalah hal pertama yang diperhatikan narasumber.

“Apakah Anda diterima untuk wawancara atau malah ditolak, ditentukan pertama kali oleh penampilan Anda sebagai wartawan,” kata Wahyudi yang juga Pembicara Nasional itu.

Cara berkomunikasi yang santun, kata Wahyudi adalah hal kedua yang menjadi penentu. “Anda mesti santun dalam berkomunikasi dengan ajudan si Narasumber yang akan ditemui,” jelasnya.

Dengan penampilan prima serta bicara yang santun menjadi modal dasar, penentu seorang Wartawan untuk menemui narasumbernya.

Sebenarnya, lanjutnya ini masalah spele, tapi menjadi penentu keberhasilan Wartawan dalam berburu informasi.

“Sayangnya lagi, penampilan dan cara berkomunikasi yang santun sering diabaikan sebagian wartawan. Padahal kedua hal.ini sangat menentukan kesuksesan tugas wartawan,” kata Wahyudi.(rilis/hen)*