Berita utamaPendidikanRohul

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Danramil 02 Rambah: Pendaftaran Komcad di Buka

ROKAN HULU,Riauandalas.com – Pemerintah Kecamatan Rambah hari ini turut menggelar upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor Camat Rambah Keluruhan Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (17/1/2023).

Upacara dipimpin Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Lettu Dedi, A.Md bersama Camat Rambah Zulfan Alwi, Kapolsek Rambah AKP Syafaruddin, SH dan dihadiri sejumlah Kepala Sekolah, Kepala Desa serta Kepala UPTD se Kecamatan Rambah dan dinas terkait mengikuti rangkaian upacara.

Jalannya upacara berlangsung khidmat. Momen mengheningkan cipta untuk mendoakan jasa para pahlawan serta pengibaran Bendera Merah Putih turut dilaksanakan.

Lettu Dedi mengatakan, saat ini kementrian pertahanan membuka pendaftaran Komcad (Komponen Cadangan) yang merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dapat diikuti masyarakat sipil dalam rangka memperkuat keamanan dan pertahanan negara.

“Masyarakat yang ingin bergabung dalam program ini akan diberikan pembekalan tentang bagai mana cara menjaga keamanan negaranegara,” kata Lettu Dedi.

“Dengan demikian, Komcad dapat menjadi amunisi cadangan apabila suatu saat negara menghadapi ancaman ketahanan dan keamanan,” tambahnya.

Seperti diketahui, program tersebut telah dijalankan sejumlah negara selama ini, seperti yang dilakukan Singapura dan Korea Selatan melalui wajib militer.

Namun, berbeda dengan wajib militer yang diwajibkan ketika mencapai usia tertentu, Komcad dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umur 18 hingga 35 Tahun secara sukarela dan tanpa paksaan.

“Namun, perlu digarisbawahi bahwa kepesertaan Komcad tidak akan mengubah status masyarakat sebagai warga negara sipil,” ungkap Lettu Dedi.

Dapat diketahui, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman Komcad, yakni https://komcad.kemhan.go.id mulai tanggal 2 Januari hingga 14 april mendatang.