NasionalPendidikan

5 Tips Agar Cepat Lulus Kursus Bahasa Jepang

Bahasa Jepang menjadi bahasa pengantar yang saat ini masih terus dipelajari oleh banyak orang. Bahkan, saat ini bahasa Jepang menjadi pelajaran yang diberikan di banyak sekolah untuk mendukung pengetahuan siswa.
Mempelajari bahasa Jepang ini cukup menarik dan penting untuk dilakukan karena dengan mempelajari bahasa Jepang maka secara tidak langsung dapat menambah pengetahuan dan wawasan bahasa.
Bahasa Jepang ini bisa dipelajari secara mudah dengan mengikuti kursus bahasa Jepang. Namun sebelum itu perlu disimak terlebih dahulu beberapa tips berikut ini, agar kursus bahasa Jepang Anda berjalan lancar.
1. Tentukan Alasan Belajar Bahasa Jepang
Sebelum memulai belajar bahasa Jepang sebaiknya mencari alasan kenapa Anda harus mempelajari bahasa Jepang. Karena banyak orang yang berhenti ditengah jalan ketika mempelajari bahasa Jepang sebab memang dia sebenarnya tidak memiliki alasan kuat dalam mempelajari bahasa Jepang.
Alasan bisa berbagai macam, bisa karena sekedar coba-coba, ingin liburan ke Jepang, bisa alasan kebutuhan untuk pekerjaan, atau hanya karena sekedar menyukai anime Jepang. Alasan-alasan inilah yang nantinya dapat membantu dan memotivasi kita dalam belajar bahasa Jepang. Dengan mengetahui hal tersebut dapat membantu kita untuk mendapatkan apa kita cari.
2. Sering Menonton Film Anime Jepang
Film anime buatan Jepang diakui memang sangat luar biasa dalam segala hal. Hampir semua orang menyukai anime-anime Jepang seperti Dragonball , Naruto, One Piece, Digimon dan masih banyak lainnya lagi yang sangat terkenal.
Menonton film-film anime berbahasa Jepang ini bisa menjadi salah satu cara cepat agar cepat memahami bahasa Jepang. Dengan menonton film anime Jepang ini, selain kita terhibur dengan alur cerita yang menarik, kita juga mampu mempelajari dan memahami arti dari ucapan-ucapan para karakter di film tersebut.
Sehingga nantinya akan terbiasa dengan kata-kata berbahasa Jepang yang kemudian bisa kita ucapkan beberapa kalimat berbahasa Jepang tersebut.

3. Mendengarkan Lagu-Lagu Berbahasa Jepang
Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang berguna untuk membiasakan dengan kosakata bahasa Jepang. Cara belajar ini bisa dilakukan secara menyenangkan di waktu senggang. Pilihlah genre music yang disukai seperti lagu pop, rock atau lagu mellow.
Jepang terkenal dengan karya lagunya yang bagus dan enak untuk dinikmati. Lagu-lagu berbahasa Jepang ini bisa diputar saat beraktivitas sehari-hari seperti sedang bersih-bersih rumah, sedang mandi atau bahkan saat belajar. Cara ini terbukti efektif membuat alam bawah sadar seseorang peka dengan Bahasa Jepang.

4. Biasakan Mendengarkan Kalimat-Kalimat Berbahasa Jepang
Metode mendengarkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara cepat untuk belajar bahasa Jepang karena memang banyak orang akan paham jika mereka mendengarkan terlebih dahulu.
Dengan sering mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, lambat laun kita akan memahami tata bahasa, pengucapan serta kosa kata yang biasa dilafalkan oleh orang-orang Jepang. Umumnya mereka yang susah dalam melafalkan bahasa Jepang, terlebih dahulu di awali pembelajaran dengan mendengarkan bagaimana orang-orang jepang itu berbicara.

5. Biasakan Mengucapkan Kalimat Berbahasa Jepang
Setelah mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, maka selanjutnya adalah mempraktekan itu dengan cara mengucapkan apa yang telah didengar. Saat kita sudah benar-benar paham dan peka terhadap kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita mencoba untuk mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang itu sedikit-sedikit.
Bisa mulai dari kata-kata yang paling mudah, hingga kalimat-kalimat yang sulit. Pelahan apa yang kita pelajari dan kita praktekan akan dengan mudah terserap di dalam otak sehingga kita akan memahami bahasa Jepang dengan cepat.