Berita utamaHukum&KriminalKamparRiau

Ketua Umum PERADI Lantik Pengurus DPC PERADi Bangkinang PERADi menuju Sistem Single Bar


KAMPAR,Riauandalas.com- Ketua Umum Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH.MH resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Bangkinang masa bakti 2020-2025, Pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Kehormatan Daerah (DKD) DPC Peradi Bangkinang masa bakti 2020-2025, pelantikan pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Bangkinang masa bakti 2020-2025 sekaligus pelantikan Young Lawyer Committe (YLC) Advokat Muda DPC Bangkinang.Hotel Labersa 10/03/2022.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan berharap kepada seluruh pengurus DPC Peradi Bangkinang yang telah dilantik, dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu, ia juga meminta agar seluruh anggota Peradi perlu memahami ketentuan tentang pembentukan pengurus cabang untuk menghindari polemik.

“Saya minta ini digaris bawahi, pembentukan pengurus cabang bukanlah pemekaran. Kalau pemekaran, maka harus minta izin kepada cabang yang dimekarkan. Kewenangan membentuk cabang itu ada di DPN Peradi,” tegas Otto.

Dijelaskannya, selama ini Peradi menjalankan salah satu peran negara yakni mengangkat advokat. Negara memberikan peran pengangkatan advokat sebagai salah satu penegak hukum kepada Peradi melalui UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat. Baginya, Peradi merupakan wadah tunggal organisasi advokat sebagaimana mandat UU Advokat. Namun, praktiknya terjadi penyimpangan (yang melahirkan banyak organisasi advokat,jelasnya.

Menurutnya, arah ke depan seharusnya menuju single bar dengan cara yang bijak dan penuh kebijaksanaan. “Ini harus dikampanyekan agar semua menyadari single bar itu bukan untuk kepentingan kita, tapi untuk pencari keadilan. Kalau advokat bukan yang terbaik, yang rugi adalah masyarakat, para pencari keadilan,” tegasnya.

Ketua DPC Peradi Bangkinang H. Hakim Ma’rifat, SH., MH., Usai dilantik oleh Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH., MH., mengatakan tertundanya pelantikan ini sebelumnya akibat Covid 19.

“Alhamdulilah sekarang sudah bekurang, pelantikan bisa kita laksanakan hari ini, ” katanya.

Diterangkannya,DPC Peradi Bangkinang sudah melakukan MoU dengan Pengadilan Agama untuk Pusat Bantuan Hukum (Pusbakum). ” Sehingga bisa membantu masyarakat untuk mencari keadilan, ” ujarnya.

Kemudian DPC Peradi Bangkinang, telah melakukan sosialisasi mengenai Peradi dibawah pimpinan Ketua Umum PERADI Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH.MH, terhadap Bupati Kampar dan DPRD Kampar.

“Hal ini untuk mengetahui program program Peradi. Selain itu Peradi juga akan membantu pemerintah untuk mensosialisasikan peraturan daerah, ” ungkapnya.

Sementara itu,Ketua Panitia Acara Pelantikan DPC Peradi Bangkinang Zulkifli, SH menyampaikan pelantikan pengurus DPC Peradi Bangkinang masa bakti 2020-2025, terselenggara dengan adanya sumbangan anggota Peradi.
“kegiatan ini terselenggara atas kerja keras panitia dan jajaran. Sehingga kegiatan berjalan dengan baik, ” katanya.(AM)