Berita utamaHukum&KriminalKamparRiau

Jelang Ramadhan,Kadiv Pemasarakat Kanwil Kemenkumham Riau Kunjungi Lapas Bangkinang

BANGKINANG,Riauandalas.com- Untuk memastikan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau selalu kondusif selama bulan suci Ramadhan, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang pada Selasa (30/3).

Kadiv Pemasyarakatan melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang ada seperti dapur, jaringan instalasi listrik, serta memastikan alat pengamanan seperti gembok, terali besi telah berfungsi sebagaimana mestinya.

Diawali dengan kunjungan ke kamar hunian, Kadiv Pemasyarakatan yang didampingi Kepala Lapas Bangkinang, Sutarno berinteraksi langsung dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mendengarkan aspirasi dari WBP secara langsung. Kadiv Pemasyarakatan berpesan kepada warga binaan untuk bersama-sama ikut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas. “Mari bersama-sama kita hiasi bulan bulan suci Ramadhan ini dengan memperbanyak beramal dan beribadah. Bagi yang tidak berpuasa, mari kita hormati teman kita yang berpuasa,” pesan Hilal terhadap warga binaan.

Saat mengunjungi dapur, Kadiv Pemasyarakatan berpesan agar lebih memperhatikan makanan yang akan diberikan untuk berbuka dan sahur. “Sarana dan prasarana dapur agar segera disiapkan untuk menghadapi bulan suci Ramadhan, apabila ada sarpras yang kurang memadai di dapur agar segera diusulkan pengadaan,” pungkas Hilal.

Tak lupa juga Kadiv PAS melakukan pemeriksaan Blok Pengendali Narkoba di Lapas Bangkinang untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtib yang dapat mengganggu kondisi keamanan yang ada di Lapas Bangkinang. “Sebagai petugas pemasyarakatan harus menerapkan 4 pondasi penting antara lain kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kematangan intelektual dan ketangguhan jasmani” pungkasnya.(rilis)**