Berita utamaPekanbaruRiau

Sekretaris DPRD Provinsi Riau Muflihun Milad ke-44 Tahun,Pasukan Adat Gagak Hitam Pasangkan Tanjak

PEKANBARU,Riauandalas  – Sekretaris DPRD Provinsi Riau Muflihun, merayakan milad ke-44 tahun di Ruang Sekretaris DPRD Provinsi Riau, Selasa (22/2/2022).

Acara milad ini dihadiri oleh Kabag dan Kasubbag dilingkungan Sekretariat DPRD Provinsi Riau.

Turut hadir pada milad ini rombongan Pasukan Adat Gagak Hitam, yaitu Panglimo Riau Yusri Yano, didampingi Panglimo Sambang Bengkalis Iskandar Izhar, Koordinator Lapangan Riau Dhedex, Datuk Setie Usehe 2 Muklis, dan Datuk Humas Dayat.

Gagak Hitam memiliki makna, yaitu “Gagak” merupakan singkatan Gerakan Generasi Anak Kepulauan, sementara “Hitam” merupakan singkatan dari Hidup Indah Tegaknya Adat dan Marwah. Gagak Hitam ini berasal dari Kepulauan Riau.

Pasukan Adat Gagak Hitam merupakan organisasi masyarakat yang bergerak di bidang penegakan dan pemeliharaan adat istiadat khususnya Adat Melayu Riau. Saat ini, Gagak Hitam sedang mengangkat seni budaya melayu dan tanjak.

Setiap tanjak memiliki arti sesuai dengan daerah asalnya. Salah satunya seperti tanjak meranti yang memiliki tiga tingkat, yang artinya terdiri dari tiga pulau.

Adapun tujuan pertemuan ini adalah untuk bersilaturahmi serta memberikan ucapan selamat milad kepada Sekretaris DPRD Provinsi Riau.

“Kedatangan kami kesini untuk bersilaturahmi karena pak Sekwan orang melayu. Jadi kami wajib melakukan silaturahmi kepada orang melayu,” ujarnya.

Pasukan Adat Gagak Hitam juga menyematkan tanjak kepada Sekretaris DPRD Provinsi Riau sebagai simbol silahturahmi yang baik dan kenang-kenangan.

Saat dimintai keterangan pada akhir pertemuan, Muflihun berharap agar silaturahmi ini tetap terjaga dan ia juga menyampaikan harapannya di milad yang ke-44 tahun ini.

“Kami juga ingin kedepannya agar bisa kompak dan kita ingin melayu bisa merangkul kita bersama. Riau ini heterogen. Semoga Gagak Hitam bisa menjadi Ormas Melayu dan bisa bersinergi dengan baik. Kemudian, diumur yang baru ini semoga saya bisa lebih dewasa dan lebih baik kedepannya,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga, Sekretaris DPRD Provinsi Riau Muflihun diamanahkan sebagai Dewan Kehormatan Sambang Gagak Hitam Riau.