Berita utama

PUTR Rohil Lakukan Penggalian Dengan Alat Berat, Willy : Supaya Tidak Banjir Bebaskan Rumah Liar Disepanjang Sungai Pabrik

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Untuk antisapasi terjadinya banjir dipermukiman rumah warga dimusim hujan, Dinas PUTR Rokan Hilir melakukan penggalian Parit Parit dengan mengunakan alat berat ampibi Eksfator dan alat Standar, Rabu 08 September 2021.

Penggalian parit parit dilakukan oleh PUTR Rohil ini dari jalan bahagia, jalan selamat, parit atmo, parit sentolan dan sebagian parit Bepak tembusnya kelaut.

“Sudah lebih kurang dua Minggu kita lakukan penggalian ini agar dimusim hujan tidak terjadi banjir,”Kata Kabid Sumber Daya Air(SDA) PUTR Rokan Hilir Willy Dilokasi pada wartawan.

Willy mengaku Pada intinya agar tidak banjir lagi Di Bagansiapiapi rumah liar yang ada disepanjang sungai pabrik lebih kurang 900 meter panjangnya dibebaskan lantaran daerahnya alur sungai pabrik, selain alur sungai pabrik juga menyebabkan parit Tumpat dan dangkal.

“Kalau bisa intinya kembalikan bentuk sungai lagi 20 meter seperti dulu bukan seperti sekarang paling ada tinggal 2 meter, itu lah Maslah banjir sebenarnya,”bebernya.

Menurutnya rumah rumah liar yang ada disepanjang sungai pabrik dan sungai garam jika dibebaskan guna untuk menghindari terjadinya banjir.

“Karena ini merupakan Sungai sedimentasi daerah muara, kalau dapat salur salur sungai pabrik ini setahun 2 kali dibersihkan Karna daerahnya dangkal untuk mengangkat lumpur. Mudah mudahan penggalian yang kami lakukan ini bisa mengurangi terjadinya banjir,”Tutupnya.(Said)***