Berita utama

Antisipasi Banjir Dipermukiman Rumah Warga, Satgas Banjir DLH Rohil Lakukan Penggalian Dan Pembersihan Parit

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Untuk menghindari permukiman rumah warga terendam genangan air akibat banjir dimusim hujan, Satuan Tugas Penanggulangan (Satgas) banjir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir sinergitas melakukan pembersihan dan penggalian parit yang ada di Jalan kecamatan, terutama didepan terminal menuju ke Sungai Pabrik, Rabu 01 September 2021.

Seperti diketahui bahwa Satuan Tugas Penanggulangan Banjir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir itu baru dibentuk kemaren dan langsung action membersihkan parit parit yang tersumbat.

“Selama ini apa bila musim hujan dengan instensitas sedang dan lebat jln kecamatan khususnya depan terminal selalu tergenang air makanya dilakukan penggalian,”Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Suwandi S,Sos Dibagan SiapiApi.

Lebih Lanjut dijelaskannya Penggalian parit yang dilakukan pihaknya mulai dari terminal menuju sungai pabrik untuk dapat mengurangi banjir yang terjadi pada badan Jalan lantaran curah hujan.

Menurutnya kendala penggalian parit dibeberapa titik yang dialami pihaknya seperti rumah, kedai dan warung mengarah diatas parit, bahkan ada juga semen dan papan kayu menimbun parit, sehingga tidak lancarnya pengaliran dan menimbulkan genangan air.

“Harapan kedepannya tidak ada lagi yang tergenang air Dan diminta pada masyarakat tidak membuat pembangunan permanen di atas parit serta jangan membuang sampah ke dalam parit atau Draenase,”Pungkasnya.(Said)***