Berita utamaHukum&KriminalRiauRohul

Puncak Hari Bhayangkara Ke 75, Polres Rohul Umumkan Personel Berprestasi dan Berikan Piagam Kepada Masyarakat.

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Puncak  Hari Bhayangkara ke 75 digelar secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Istana Kepresidenan RI, Kamis (1/72021).

Pada peringatan dan syukuran Hari Bhayangkara ke 75 yang digelar Polres di Rupatama Polres Rohul, Kamis (1/72021) sekitar pukul 10.15 Wib, diikuti Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Bupati  H Sukiman, Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra ST, Dandim 0313 KPR yang diwakili  Danramil Rambah Kapten  Inf  Kasmir, Wakapolres  Kompol Adi Prabowo SH SIK MH.

Kemudian, Ketua Cabang Bhayangkari Kabupaten Rohul, dihadiri Wakil Ketua Ny Putri Adi Prabowo, Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Rohu Ir H Sri Hardono, para Kabag, Kasat, para Kapolsek jajaran Polres Rohul, Pengurus Cabang Bhayangkari dan lainnya.

Sedangkan, tema pada Hari Bhayangkara ke – 75 tahun 2021 tersebut adalah “Transformasi Polri Yang Presisi mendukung penanganan Covid 19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan Hari Bhayangkara Ke-75 Polres Rohul, dilakukan dengan beragam pengabdian serta aksi kemanusiaan Polri dari Polres Rohul terhadap masyarakat, yang mana sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Bakti Kesehatan berupa aksi donor darah pada Selasa 22 Juni 2021 kemudian dilanjutkan dengan Vaksinasi masal pada 26 Juni 2021.

Bakti Sosial (Baksos) Anjangsana di tanggal 28 Juni 2021 selanjutnya  pembersihan tempat ibadah Gereja dan Masjid  29 Juni  2021.

Sedangkan pada puncaknya 1 Juli 2021, syukuran tersebut, penayangan Video Klip 75 Th mengabdi,  pembukaan MC, arahan Kapolres Rohul, sambutan Bupati Rohul upacara secara virtual.

Dalam Kesempatan itu,  Presiden Jokowi mengingatkan Polri harus bijak dalam menggunakan kewenangannya saat melakukan penangkapan, penahanan hingga penggeledahan, sebab Indonesia merupakan negara demokrasi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Negara secara virtual saat memberikan amanat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/7/2021), yang disiarkan  Sekretarit Presiden.

“Saya ingatkan penggunaan kewenangan Polri harus dilakukan secara bijak, harus dilakukan secara bertanggungjawab. Ingat bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta Polri tidak hanya tampil tegas dan tanpa pandang bulu. Polri, lanjut Presiden, harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas,” tuturnya

Polri harus Presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma masyarakat,” sambungnya.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga meminta Polri untuk membenahi dan memperkuat manajamen dan kelembagaannya.

Presiden Jokowi mengatakan, pembenahan itu untuk mendukung transformasi menuju Polri yang Presisi.

“Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan pada negara,” katanya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalankan amanah ini,” lanjutnya

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah bertransformasi menuju polri yang presisi menjadi abdi utama nusa dan bangsa,” pungkas Presiden.

Masih dalam  Upacara secara virtual itu, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan Polri dan TNI mempercepat target vaksinasi Covid-19 massal. Hal itu dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam mencapai target satu juta orang tervaksin per hari.

“Untuk memenuhi target 1 juta orang per hari, kami perlu melakukan percepatan program vaksinasi dengan pengorganisasian yang tepat,” ujar Sigit saat momentum Hari Bhayangkara ke-75.

Sigit menambahkan, target 1 juta orang tervaksin per hari adalah langkah menciptakan kekebalan kelompok atau Herd Immunity dari Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 itu tidak dilakukan hanya di kompleks Mabes Polri saja, tetapi juga serentak di 34 Polda seluruh Indonesia.

“Polri menjadi institusi yang pertama menggelar vaksinasi massal dengan target 1 juta lebih. Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pun meninjau langsung kegiatan yang diinisiasi oleh Polri ini di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, pada 26 Juni 2021,” ungkapnya.

Menurutnya, langkah vaksinasi massal ini sesuai dengan tema Hari Bhayangkara tahun ini, yaitu ‘Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju’.

Agenda berikutnya, pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi dan masyarakat yang sudah membantu tugas Polri, penghargaan diberikan  Kapolres Rohul di ruang Rupatama Polres Rohul.

Selanjutnya, pemotongan Tumpeng dilakukan Kapolres Rohul, diikuti Bupati Rohul, kemudian diberikan kepada personil tertua Polres Rohul  AIPTU Muklis (Panit II Binmas Polsek Ujung Batu) dan Personil termuda Polres Rokan Hulu BRIPDA Asyari Rangkuti (Banit Sat Samapta Polres Rohul).
dan kegiatan berikutnya pembacaan doa, Foto bersama, dan Makan bersama setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan
Kepada Personil Polres Rohul yang mendapatkan penghargaan yakni

1. Atas prestasi dan kinerjanya dalam pelaksanaan tugas ungkap perkara Ilegal Loging dan TP Korupsi TA 2021 AKP Rainly Labolang, SIK (Kasat Reskrim Polres Rohul)

2. Atas Prestasi dan Kinerjanya dalam pelaksanaan tugas penyelesaian perkara tertinggi P21 TA 2021 yakni  AIPDA Leo Gustian SH (PS. Kanit II Sat Reskrim) BRIPKA Zahirul  Kamal (Banit Sat Reskrim) BRIGPOL Ervan  Hidayat (Banit Sat Reskrim) dan BRIPDA Rinto Krisya Putra Pakpahan (Banit Sat Reskrim)

3. Atas Prestasi dan Kinerjanya dalam pelaksanaan tugas ungkap kasus TP Ilegal Loging, BRIPKA Disla Papedi (Banit Sat Reskrim)

4. Atas Prestasi dan Kinerjanya dalam pelaksanaan tugas penginputan E Manajemen Penyidikan tertinggi TA 2021, BRIPTU Putri  Kurnia  (Banit Sat Reskrim)

5. Atas Prestasi dan Kinerjanya dalam pelaksanaan tugas ungkap kasus Narkotika sebanyak 19 Kasus dari bulan Januari – Maret 2021 dengan BB Sabu – Sabu 191, 12 Gram, yakni AIPDA Supriyanto, SH, MH (Kanit Idik I Sat Narkoba), AIPDA Wiji Sunardi, SH (Kanit Idik II Sat Narkoba), BRIPKA Adevis SH (Kaur Min TU Sat Narkoba), BRIPKA Hendri Rikardo (Banit Sat Narkoba) BRIPKA Bobby Kurniawan, SH (Banit Sat Narkoba) dan BRIPKA Andri  Fahmi SH (Banit Sat Narkoba)

6. Atas Prestasi dan Kinerjanya dalam pelaksanaan tugas Ungkap kasus Narkotika di Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul, BRIPKA Herwin  P SIlitorus, SH (Kanit IV Sat Intelkam), BRIPK