Berita utamaPekanbaruRiau

Asabri Jamin Hari Tua Prajurit Korem 031/WB

PEKANBARU – Jamin hari tua seluruh prajurit Korem 031 Wira Bima wajib miliki Asabri.

Hal tersebut disampaikan Kasrem 031 Wira Bima Kolonel Inf Junaidi MS Sos MSi, saat sosialisasi pentingnya Asabri bagi prajurit Korem 031 Wira Bima bersama Kepala Kantor Cabang PT Asabri Pekanbaru, Nolisia, Jumat (27/7) di dilapangan Asrama Kapten Fadilah Pekanbaru.

Kegiatan yang diselenggarakan secara protokol kesehatan tersebut, Kasrem 031 Wira Bima, Kolonel Inf Junaidi menyampaikan, jika setiap prajurit dan PNS Korem 031 Wira Bima harus mempunyai Asabri ini.

“PT ASABRI, merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan POLRI,” jelasnya.

Untuk itu tambahnya, agar lebih memahami ia minta seluruh prajurit Korem 031 Wira Bima mengikuti sosialsi Asabri ini dengan teliti dan cermat.

“Mari kita ikuti sosialisasi ini secara cermat, karena sangat berguna bagi kita apalagi setelah kita Pensiun kedepan,” tutur Kasrem.

Sementara Kepala Kantor Cabang PT Asabri Pekanbaru, Nolisia menyampaikan bahwa Asabri adalah akumulasi nilai akhir iuran peserta beserta pengembangannya selama masa iuran yang dinyatakan sebagai indeks dari penghasilan terakhir pada saat peserta pensiun, berhenti atau meninggal dunia.

Penghasilan terakhir peserta yang terdiri dari komponen Gaji Pokok ditambah Tunjangan Istri dan Tunjangan Anak sebulan sebelum pensiun bagi peserta yang pensiun atau sebulan pada saat berhenti atau meninggal dunia bagi peserta yang berhenti atau meninggal dunia.

“Iurannya adalah Iuran tabungan hari tua sebesar 3,25 persen dari penghasilan peserta setiap bulan terdiri dari komponen gaji pokok tambah tunjangan istri dan tunjangan anak yang merupakan bentuk tabungan wajib yang dikembalikan kepada peserta dalam bentuk Manfaat Asuransi bila Peserta pensiun, berhenti, cacat, atau meninggal dunia, gugur serta istri, suami atau anak meninggal dunia,” jelasnya.

Sedangkan untuk apkikasi tambahnya, peserta dapat mendownload melalui aplikasi store di smartphone masing-masing.

“Setiap anggota Asabri dapat mengecek data pribadi serta hal lainya melalui aplikasi tersebut jika sudah terdaftar,” tuturnya.(dre)