Berita utama

Kapolres Rohil Pantau Posko PPKM Sekaligus Bagi Sembako Pada Warga Positif Covid 19

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK bersama Kabag Ops Kompol A. Lumbangaol SH MH dan Para Kasat Polres Rokan Hilir pantau Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM) Se- Kabupaten Rokan Hilir. Jum’at (9/4/2021).

Selain memantau Posko PPKM Mikro Se- Rokan Hilir, Kapolres bersama rombongan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang Positif Covid-19 dalam masa isolasi mandiri. Pembentukan posko PPKM sesuai arahan pemerintah agar penanganan Covid-19 menggunakan pendekatan level mikro.

Adapun jumlah PPKM Se-Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 13 titik yang dinaungi Sembilan Polsek Polres Rokan Hilir yakni Posko PPKM Polsek Bangan Sinembah berada di Jln Merak Dusun Beringin Kepenghuluan Balai Jaya, Jln Dusun Mulya Kepenghuluan Pasir Putih Utara dan Jln Dalam Kota Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah. Untuk Polsek Tanah Putih berada di Jln Utama Simpang Mutiara dan Jln Disun Candi Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih.

Sementara posko PPKM Polsek Bangko berada di Jln Parit Aman Kepenghuluan Parit Aman, Jln Siak Kelurahan Bagan Timur dan Posko PPKM Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan berada diJln Lintas Bagan Siapi-api Kelurahan Melayu Besar Kota, Jln Kepenghuluan Labuhan Papan Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir.

Selanjutnya Posko PPKM Polsek Bangko Pusako berada di Jln Asahan Dusun Sidomulyo Kepenghuluan Bangko Sempurna, Jln Khalifa Jabal Dusun Pematang Binjai Kepenghuluan Pematang Ibul, sedangkan Posko PPKM Polsek Rantau Kopar berada di Jln Syarif Kasim Kelurahan Rantau Kopar, terus Posko PPKM Polsek Pujud berada Jln Lintas Tanjung Medan – Mahato,terakhir Posko PPKM Polsek Kubu berada di Jln Datuk Kancil Kepenghuluan Rtp Kanan Kecamatan Kubu.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto, SH SIK melalui Kasubbag Humas AKP Juliandi SH mengatakan bahwa PPKM Mikro sebagai pendorong perubahan perilaku masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan. Selain itu. Posko PPKM diadakan  sesuai dengan penyebaran positif covid saat ini.Kata AKP Juliandi .

Lebih lanjut dikatakan, bahwa hasil pemantauan ini nantinya petugas Posko PPKM mikro mengetahui tugas dan tanggungjawabnya, seperti Perangkat Desa/kelurahan selalu melakukan edukasi dan himbauan tentang bahayanya Covid19 dan  penegakan prokes kepada masyarakat.

Pada prinsipnya, posko yang tersebar di Sembilan Kecamatan Kabupaten Rokan Hilir ini berfungsi untuk mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi. Ucapnya

harapannya, bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dan telah melaksanakan isolasi mandiri dapat disiplin dalam melaksanakan isolasi mandiri sehingga dapat memutus penyebaran covid-19. Semoga dengan adanya pembagian sembako yang diberikan Bapak Kapolres beserta rombongan dapat membantu masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri dan tidak keluar rumah lagi selama 14 hari.

Sesuai pesan Bapak Kapolres, mulai besok maksimal giat posko PPKM harus diselesaikan. Tujuan giat PPKM adalah penegakan prokes, penyemprotan disinfektan dan yang menjadi kaposko PPKM adalah kepala desa/lurah, apabila di 1 desa ada lebih dr 1 ppkm mikro maka kaposko adalah Ketua RW/RT.

Dalam hal ini Bapak Kalolres akan membantu giat pembagian sembako dan diharapkan para kapolsek siapkan sayur mayur dari hasil ketahanan pangan untuk dibagi-bagi kepada masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri. Pungkasnya.(Said)***