Berita utama

Bupati Rohil Resmikan Demplot Ketahanan Pangan Terpadu Kodim 0321 Rohil

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Rabu 17 Pebruari 2021 Sekira pukul 09.38 WIB dini hari tadi bertempat di Demplot Ketahanan Pangan Terpadu Kodim 0321/Rohil yang berada Jln. Komplek Perkantoran Bt. 6 Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir telah berlangsung Peresmian Demplot Ketahanan Pangan Terpadu Kodim 0321 Rohil.

Adapun yang hadir peresmian tersebut Bupati Rohil, H. Suyatno, Ketua DPRD diwakili Wakil Ketua DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi, Dandim 0321/Rohil, Letkol. Arh. Agung Rakhman Wahyudi,SIP, MI.Pol, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk diwakili Wakapolres Kompol James Rajagukguk,SIK,MH, Ka Kejari Rohil, Gaos Wichaksono,SH,MH, Asisten II Setda Rohil, Rahmatul Zamri, Ka BPN Rohil, HM. Rocky Soenoko, Ka Pengadilan Negeri Rohil Dan Ka Lapas Kelas II Bagansiapiapi, Wahid Wibowo.

Selain itu Kadis Pertanian Rohil, Wan Rusli Syarief,S.Sos, Camat Bangko, Rijalul Fikrie,SE, Camat Pekaitan, Taryono,SE, Wadanramil 01/Bangko, Kapten Inf. Tayung Chan, Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais,SH, Datuk Penghulu Bagan Punak Meranti beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Datuk Penghulu Bagan Punak beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Datuk Penghulu Lab. Tangga Hilir beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Datuk Penghulu Suak Air Hitam beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Datuk Penghulu Suak Air Hitam beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Datuk Penghulu Suak Temenggung beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dan Para Pasi 0321/Rohil.

Sambutan Dandim 0321/Rohil Letkol. Arh. Agung Rakhman Wahyudi,SIP, MI.Pol mengatakan, Demplot ini merupakan pengabdian Kodim 0321/Rohil kepada Pemda Rohil bidang ketahanan pangan dalam memenuhi kebutuhan terutama dalam menghadapi Covid 19.

“Demplot ini juga sekaligus bertujuan pemanfaatan lahan tidur yang berada di Makodim 0321/Rohil,”katanya.

Kata Dandim, Ada beberapa plot yang disediakan pihaknya, Seperti polybek yang digunakan dilahan-lahan terbatas. Namun Juga ada hydroponik yangg sudah berhasil dikembangkan di Panipahan tepatnya di Perguruan Kartini yang sudah diresmikan pihaknya 6 (enam) bulan yang lalu.

“Ada juga beberapa titik di masyarakat,kantor instansi dan pos babinsa yang berada di Panipahan. Disini juga ada padi yang ditanam tanpa menggunakan pupuk seperti yang sudah kita lakukan di Kecamtan Pekaitan,”Paparnya.

“Demplot ini adalah bentuk demo – demo yang kita tunjukkan supaya dicontoh oleh masyarakat, selain itu  Juga ada budi daya Jamur dan budi daya perikanan sesuai dengan geografis Rokan Hilir yang merupakan rawa, sehingga dapat menjadi potensi yang luar biasa”

“untuk diaplikasikan di masyarakat Sengaja kita hadirkan 3 (tiga) pilar desa agar dapat bersinergi dalam memberdayakan pola-pola yang kita hadirkan disini. Kami siap bersinergi dalam mengembangkan ketahanan pangan di wilayah bersama perangkat desa dan instansi vertikal lainnya,”Jelas Dandim.

Lebih lanjut Dipaparkan Dandim, bahwa pihaknya Juga sudah menyampaikan kepada Ka- Lapas agar kiranya dapat memberdaya gunakan para Napi untuk menciptakan ketahanan pangan di lingkungan Lapas.

“Kita juga akan membuat demplot yang bersifat edukasi kepada masyarakat dan pelajar. Terimakasih kepada Dinas Pertanian yang memberikan bimbingan dalam pengolahan ketahanan pangan di Kodim 0321/Rohil,”Tutup Dandim 0321 Rohil.

Kesempatan yang sama, Sambutan dan arahan Bupati Kabupaten Rohil H Suyatno AMp yang juga sekaligus peresmian Demplot Ketahanan Pangan Terpadu Kodim 0321/Rohil itu mengatakan, Diatas lahan yang secuil ini bermacama-macam plot yang diolah sedemikian rupa, sehingga manfaatnya luar biasa.

“Hari ini unsur upika di undang untuk memberikan contoh agar bisa diterapkan diwilayah masing-masing,”Ujarnya.

Suyatno mengaku, Dengan melihat kondisi riil hari ini di Makodim 0321/Rohil, diharapkan dapat diaplikasikan di wilayah desa masing-masing.

Menurutnya, Dengan mencontoh ketahanan pangan Kodim 0321/Rohil ini, kedepan akan diprogramkan untuk diaplikasikan di masyarakat.

“Saya instruksikan kepada para Camat unyuk melakukan hal yang serupa dengan menggunakan ADD Dalam rangka menghadapi pandemi Covid 19 yang masih melanda. mari kita berdoa agar pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa beraktivitas normal kembali,”Pungkasnya.(Said)***