KesehatanRiau

Pasien Positif Covid 19 Dirawat Masih Diangka 500 Orang

PEKANBARU – Hingga kini pasien positif Covid 19 di provinsi Riau yang dirawat dan di isolasi masih berjumlah sekitar 500 orang dari total akhir yang telah mencapai diangka seribuan kasus.

Informasi tersebut sesuai update tim kesehatan dan Satuan tugas (Satgas) penanganan Covid 19 Riau, jika angka itu sesuai data kesembuhan pasien yang juga sudah mencapai di angka 600 san orang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yunani Nazir, tepatnya angka kesembuhan itu sudah sebanyak 660 orang, yang setiap hari juga terus ada penambahan.

Kendati demikian, ia mengatakan angka tersebut termasuk besar jika dibandingkan dengan jumlah sebelum-sebelumnya. Sehingga ia kembali mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Karena salah satu cara untuk menghindari terpapar Covid 19 ini dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Baik menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan yang terus dihimbau oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu, Mimi juga menghimbau Kepada masyarakat jika ada merasakan kendala pada kesehatan atau yang mungkin mengarah pada gejala dan tanda-tanda Covid 19 disarankan untuk sebesar melakukan pengecekan. Sehingga selain mempercepat pendeteksian juga menghilangkan kekwatiran masyarakat terpapar Covid 19.

“Namun jika memang terpapar bisa segera ditangani dan diberikan bantuan untuk pengobatan. Sehingga penyebaranpun bisa diatasi dengan segera,” jelasnya.

Untuk mempercepat menekan angka Covid 19 ini juga membutuhkan kerjasama dari masyarakat. Yaitu disipin dan mau bekerjasama dalam pemeriksaan sendiri.

“Hal ini juga sesuai dengan yang sudah disampaikan bapak gubernur Riau, jika kunci penekanan angka penyebaran Covid 19 itu kerjasama dan kedisiplinan masyarakat. Tetutama dalam benerapa protokol kesehatan,” tuturnya.(dre)